Home Warta Nasional Banten Raya Tokoh Fragmen Sejarah Keislaman Ubudiyyah Syariah Tauhid Khutbah Doa Serba-Serbi

Fokus Pengabdian, Fatayat NU Kota Tangerang Prioritaskan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Fokus Pengabdian, Fatayat NU Kota Tangerang Prioritaskan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan
Ketua Fatayat NU Kota Tangerang Nony Menawaty (kiri) saat menggelar rapat kerja. (Foto : Arfan)
Ketua Fatayat NU Kota Tangerang Nony Menawaty (kiri) saat menggelar rapat kerja. (Foto : Arfan)

Jakarta, NU Online Banten

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Tangerang melakukan up grading pengurus dan rapat kerja setelah pelantikan. Menyusun langkah-langkah dan program kerja selama lima tahun mendatang, salah satu program prioritasnya adalah pemberdayaan ekonomi untuk perempuan. Kata Ketua Fatayat NU Kota Tangerang Nony Menawati kepada NU Online Banten, sesaat setelah rapat kerja di kantor Pusat Pendidikan dan Pelatihan ASN Kemendesa Jakarta, (19/09).

 

"Salah satu program prioritas PC Fatayat NU Kota Tangerang adalah pemberdayaan ekonomi perempuan agar perempuan bisa mandiri secara ekonomi dan tentunya bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga", kata Nony.

 

Prioritas lain, lanjut Nony, PC Fatayat NU Kota Tangerang akan menjadikan banyaknya anak yang kecanduan gadget menjadi perhatian yang serius. Fatayat akan membuat program konseling bagi perempuan menghadapi anak-anaknya yang kecanduan gadget. Karena di era dimana semua serba online terutama anak-anak sekolah menimbulkan banyak masalah baru dikalangan orang tua terutama perempuan.

 

Selain itu, Fatayat NU Kota Tangerang akan melakukan advokasi dan perlindungan terhadap perempuan yang menjadi korban pelanggaran dan perampasan hak asasi manusia, terutama yang sering terjadi di perkotaan yaitu kekerasan dalam rumah tangga.

 

"Banyak perempuan yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga yang butuh advokasi dan perlindungan serta pendampingan, itu juga akan menjadi program prioritas PC Fatayat dalam lima tahun mendatang," kata Ibu empat anak ini.

 

Dalam bidang dakwah, Fatayat akan menggalakkan lagi forum da'iyah Fatayat NU Kota Tangerang. Melakukan syi'ar ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah di Kota Tangerang, mengingat saat ini banyak ajaran yang menyimpang dari Ahlussunnah wal Jama'ah An-Nahdliyah, ujarnya.

 

Alumni Pondok Pesantren Babussalam Tangerang ini menyampaikan, Pada sisi penguatan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM), Fatayat NU Kota Tangerang berencana melaksanakan Latihan Kader Dasar (LKD) untuk semua calon pengurus. Dan yang sudah jadi pengurus, sebagai bentuk internalisasi ideologi Ahlussunnah wal Jama'ah kepada semua kader Fatayat di semua tingkatan.


Noni menambahkan, sebagai penguatan organisasi, PC Fatayat NU Kota Tangerang akan membentuk pengurus anak cabang (PAC) dan pengurus ranting (PRt). Sekaligus LKD di 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan di Kota Tangerang.

 

"Saya mempunyai target semua pengurus PAC dan PRt sudah bisa terbentuk dan sudah mengikuti LKD semua selama lima tahun kedepan, agar kaderisasi berjalan dengan baik dan berkualitas," tambah Nony.

 

Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat bidang sosial, seni, dan budaya. Fatayat akan melakukan bakti sosial, seperti sunatan massal, santunan anak yatim dan dhu'afa. Sebagai bentuk empati Fatayat NU Kota Tangerang kepada perempuan sebagai ibu rumah tangga, merangkap bapak rumah tangga karena mencari nafkah sendiri dan kurang beruntung secara ekonomi. 

 

Hal itu sesuai dengan tema rapat kerja kali ini yaitu "Membentuk Fatayat yang Berkarakfer, Mandiri, Peduli, dan Senang Berbagi," pungkas Nony.

 


Editor : Ari Hardi