Home Warta Nasional Banten Raya Tokoh Fragmen Sejarah Keislaman Ubudiyyah Syariah Tauhid Khutbah Doa Serba-Serbi

Jaga Kiai, PCNU dan Polres Tangsel Lakukan Vaksinasi di Pesantren Al Tsaniyyah

Jaga Kiai, PCNU dan Polres Tangsel Lakukan Vaksinasi di Pesantren Al Tsaniyyah
Kiai Mas'ud saat memberi bantuan sembako kepada peserta vaksin. (Foto : Istimewa)
Kiai Mas'ud saat memberi bantuan sembako kepada peserta vaksin. (Foto : Istimewa)


Tangerang Selatan, NU Online Banten
NU Tangsel Peduli Kemanusiaan ambil bagian dalam ikhtiar lahir pencegahan wabah dengan mengadakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan. Kegiatan terpusat di Pondok Pesantren Al Tsaniyyah melalui program Jaga Kiai, Sabtu (02/08). 

 

Kegiatan Vaksinasi terselenggara atas kerjasama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangsel, Polres Tangerang Selatan, BAZNAS RI, NU Care-LAZISNU, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Tangerang Selatan RMI Tangsel, Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), Banser, dan HPN. 

 

Ketua Pelaksana Vaksinasi, Rizki Subagio bersyukur melihat antusias dan keikutsertaan masyarakat mengikuti vaksinasi. Karena pelaksanaan sudah berjalan dengan baik dan tertib. Tak lupa, Rizki menyampaikan terimakasih kepada berbagai pihak karena telah mendukung kegiatan vaksinasi ini.

 

Lanjutnya Rizki mengatakan sebanyak 750 peserta yang mengikuti vaksin. Sebagian berasal dari pimpinan pondok pesantren, santri, wali santri, ustadz, dan masyarakat sekitar pondok pesantren al-Tsaniyyah, Setu Serpong, Tangerang Selatan.

 

Ketua Satgas NU Peduli Kemanusiaan, Ahmad Syamsuddin mengungkapkan bahwa program vaksinasi ini dilakukan dalam rangka menjaga kiai, santri, wali santri dan masyarakat sekitar pesantren. Sebagai salah satu bentuk ikhtiar zahir, Ahmad Syamsuddin menambahkan kiai dan santri adalah asset bangsa Indonesia yang harus dijaga bersama. Juga, Syamsuddin akan terus berkomitmen melanjutkan program-program kemanusiaan seperti ini.

 

Hadir dilokasi Vaksinasi, Ketua PCNU Tangerang Selatan KH Abdullah Mas’ud mengatakan PCNU Tangsel memiliki komitmen tinggi terhadap program kesehatan. “Sejak pertama kali pandemi masuk Indonesia, PCNU langsung bergerak, berbagai program kita gulirkan, seperti dekontaminasi lingkungan dengan penyemprotan disinfektan, pembagian masker, vitamin serta penyuluhan kesehatan di masjid dan pesantren. Vaksinasi hari ini adalah upaya pembentukan kekebalan komunal atau herd immunity”, Ungkap Kiai Mas’ud.

 

Tak hanya itu, Kiai Mas’ud menyampaikan PCNU Tangsel juga mendirikan Klinik pertama di Banten yang dikelola oleh PCNU dan diberi nama NU Care Medical Center, berlokasi di Pesantren Jamiyah Islamiyah. 

 

“Alhamdulillah bersama kita juga telah mendirikan NU Care Medical Center pertama, kedepan akan banyak pesantren yang akan didirikan NU Care Medical Center”, Terang Kiai Mas’ud. 

 

Seluruh kegiatan di pesantren, Kiai Mas’ud mengatakan semuanya ada di bawah koordinasi Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) NU. Ia berharap melalui RMI NU melahirkan program-program keumatan berbasis pesantren.

 

Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Tangerang Selatan, Surotul Ilmiyah menguraikan kegiatan vaksinasi Covid-19 adalah sebuah keniscayaan bagi seluruh elemen masyarakat, tak terkecuali masyarakat pesantren yang yang harus dijaga bersama. Ilmi mengungkapkan bahwa program vaksinasi ini melibatkan para dokter dan tenaga kesehatan yang dimiliki PCNU melalui LKNU. 

 

Kapolres Kota Tangsel AKBP Iman Imanuddin saat memberikan sambutan menegaskan kegiatan ini hasil kolaborasi antara Polres Tangsel dengan NU melalui PCNU Tangsel yang notabene ormas Islam terbesar di Indonesia merupakan sebuah kebanggaan. 

 

“Kami sangat senang kegiatan diselenggarakan di pesantren, saya bisa silaturahim ke pak kiai dan bisa langsung menyapa santri ini kebanggan dan kebahagiaan tersendiri, semoga kerjasama ini bukan yang terakhir, kami beharap adapula program di masjid, musala dan madrasah harus kita sentuh agar semua sehat dan kembali bisa ibadah belajar dan beraktifitas secara normal”, terang Kapolres.

 

Kegiatan program kolaborasi ini, menurut AKBP Iman adalah sebuah terobosan yang baik, dari masyarakat oleh masyarakat untuk masyarakat. AKBP Imanuddin berharap para kiai, santri dan masyarakat terhindar penularan Covid-19. Serta mengajak semua elemen untuk melakukan pencegahan.

 

Disela-sela pelaksanaan vaksinasi, secara bersamaan juga digelar Deklarasi Pesantren Kuat Indonesia Hebat, NU Peduli Bersama melawan Pandemi. Beberapa tokoh masyarakat tampak hadir dilokasi acara, diantaranya Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Imaduddin bersama jajaranya kapolsek kecamatan Setu, Yudi, Koordinator Satgas NU Peduli Covid-19 dr. Makki Zamzami, Ketua PCNU Tangsel KH Abdullah Masud, Sekretaris PCNU, KH Imam Muzahir, Wakil ketua PCNU, Ahmad Andi Wibowo, Abdulah Ubaid dan jajaran pengurus PCNU, Ketua RMI NU Tangsel KH Alvi Firdausi, Ketua LKNU Tangsel Surotul Ilmiyah, Ketua LKKNU Tangsel, Sefty Riani Bahrain, wakil Ketua RMI NU Tangsel Kiai Taufik, Sekertaris RMI NU Tangsel Irfan Ahmad, Anggota Banser Ciputat Timur, Ciputat dan Serpong, serta para ketua lembaga dan banom yang ada di bawah PCNU Kota Tangerang Selatan.

 

 

Editor : Arfan