• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 29 Maret 2024

Banten Raya

LAZISNU Kota Tangerang Tebar Takjil dan Masker untuk Pengguna Jalan

LAZISNU Kota Tangerang Tebar Takjil dan Masker untuk Pengguna Jalan
Persiapan pembagian takjil NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, Ahad (18/4). (Foto: istimewa)
Persiapan pembagian takjil NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, Ahad (18/4). (Foto: istimewa)

Tangerang, NU Online Banten

NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, Provinsi Banten membagikan makanan pembuka (takjil) untuk berbuka puasa dan masker bagi warga tidak mampu (dhuafa) terdampak pandemi Covid-19, Ahad (18/4).

 

Mereka yang menerima bantuan takjil dan masker terdiri dari tunawisma, tukang ojek pangkalan, ojek daring, pedagang warung kelontong, buruh korban PHK di sejumlah wilayah di Kota Tangerang. 

 

Pembagian takjil dan masker dilakukan dengan cara dibagikan langsung kepada para pengguna jalan di sejumlah perempatan lampu merah (traffic light), seperti Jalan Veteran, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan KH Hasyim Asy'ari, Kota Tangerang. 

 

Selain itu, takjil dan masker juga diantar ke kediaman masing-masing warga oleh petugas dan pengurus NU Care-LAZISNU Kota Tangerang dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

 

Ketua PCNU Kota Tangerang, KH Dedi Mahfudin, mengatakan NU berkomitmen membantu masyarakat yang kurang mampu. Untuk itu, pihaknya memperbanyak program bantuan yang menyentuh langsung kebutuhan sehari-hari masyarakat.

 

"Program pembagian takjil dan masker ini sebagai bentuk kepedulian NU dan NU Care-LAZISNU Kota Tangerang terhadap warga kurang mampu, khususnya yang terdampak covid-19," katanya.

 

KH Dedi menjelaskan, program sosial dan kemanusiaan ini, untuk membantu warga yang dilakukan LAZISNU agar penghimpunan zakat infak sedekah bisa disalurkan dan terserap secara merata. 

 

"Saya berharap masyarakat dan para donatur bersama-sama merasakan manfaat dari program NU Care-LAZISNU untuk menjadikan masyarakat yang mandiri dan sejahtera," ungkapnya.

 

Saat ini juga NU Care-LAZISNU tengah menyalurkan zakat untuk warga yang dinilai layak menerima dan berdasarkan kriteria mustahik zakat. Selain program bantuan, NU Care-LAZISNU Kota Tangerang menyelenggarakan berbagai program sosial dan kemanusiaan lainnya. 

 

Sementara itu, Ketua NU Care-LAZISNU Kota Tangerang, Mas'ud Ibnu Syamsuri mengatakan pembagian takjil dan masker ini sudah menjadi rutinitas di bulan Ramadhan. Namun, pada Ramadhan kali ini, cukup berbeda karena mulai dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. 

 

Pihaknya juga mengatakan komitmen akan terus melakukan upaya-upaya dalam membantu masyarakat. Selain itu, NU Care-LAZISNU membuka Posko NU Peduli Covid-19 sebagai pusat kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama Ramadhan 1442 H. 


"Saya berharap ini bisa menjadi manfaat dan menjadi pendorong para pendonatur untuk berbagi hartanya melalui NU Care-LAZISNU Kota Tangerang untuk disalurkan," ungkap Mas'ud. 

 

NU Care-LAZISNU Kota Tangerang juga akan membuka sejumlah posko berbagi di sejumlah lokasi strategis seperti di terminal, stasiun, dan permukiman warga. Beberapa kebutuhan pokok disiapkan di posko-posko tersebut seperti sembako, sayuran, dan kebutuhan pokok lainnya untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

 

Pewarta: Arfan Effendi
Editor: Kendi Setiawan


Banten Raya Terbaru