Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023

Banten Raya

MTQ Kembali Digelar, Ketua PCNU Lebak Harapkan Terbitnya Kader-Kader Qur'ani

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lebak KH Syaepudin Asy Syadzily. (Foto: Istimewa)

Kabupaten Lebak, NU Online Banten

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lebak KH Syaepudin Asy Syadzily mengungkapkan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak yaitu Bupati dan Wakil Bupati serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) yang akan melaksanakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-39. 

 

Demikian disampaikan Oleh Kiai Aep, sapa akrabnya melalui pesan elektronik, pada Senin (21/3/2022). 

 

"Saya sangat senang, atas terselenggaranya pelaksanaan MTQ di Lebak. Karena sudah dua tahun lebih, tidak ada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten." Ujar Kiai Syaepudin. 

 

Kegiatan MTQ tersebut, rencananya akan diikuti oleh 28 Kecamatan se Kabupaten Lebak dan dilaksanakan di 12 Pondok Pesantren di Kecamatan Rangkasbitung, digelar pada hari Minggu-Selasa (27-29/3/2022) mendatang. 

 

Lebih lanjut, Kiai Aep menerangkan, bahwa selama dua tahun tidak ada ajang kegiatan MTQ, hanya ada sekedar pembinaan saja. Selain itu, dirasa kurang bergairah di dalam pembinaan tilawatil di Lebak. 

 

"Dan alhamdulillah sekarang sudah diadakan meskipun dengan waktu mepet selama tiga hari," tutur Kiai Aep. 

 

Kemudian, ia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan tidak semeriah dan semarak seperti biasanya kegiatan MTQ, karena ada kegiatan-kegiatan yang dipangkas atau dihilangkan. 

 

"Tetapi tidak mengurangi esensi dari tujuan pelaksanaan MTQ tersebut, yaitu dalam rangka pembinaan secara kompetisi, sehingga bisa menghasilkan generasi Qur'ani di Kabupaten Lebak yang mempuni kedepannya," ungkapnya. 

 

Kiai Aep juga mendoakan agar MTQ di Lebak bisa terlaksana dengan baik, serta menghimbau semua pihak selalu tetap menjaga protokol kesehatan. 

 

"Meskipun pandemi Covid-19 varian omicron perkembangannya sudah landai, tetapi tetap pelaksanaannya harus dengan memperhatikan  prokes," himbau Kiai Aep. 

 

Kiai Aep juga berharap dari kegiatan MTQ ini bisa menghasilkan kader-kader generasi Qur'ani yang mempuni dan handal, sehingga bisa mengharumkan Lebak di kancah nasional dan internasional.


Kontributor: Aep Budiman

Editor: Arfan Effendi