• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

Fatayat NU Tangsel Launching Program UMKM Produk Kader

Fatayat NU Tangsel Launching Program UMKM Produk Kader
Suasana Launching UMKM Fatayat NU Tangsel. (Foto : Istimewa)
Suasana Launching UMKM Fatayat NU Tangsel. (Foto : Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Banten
Pimpinan Cabang Fatayat Nahdlatul Ulama Tangerang Selatan meluncurkan program Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) produk kader-kader Fatayat NU Tangsel, bersamaan dengan peringatan Hari Santri Nasional keenam, acara juga diisi dengan Tasyakuran Khatmil Qur’an. Sabtu (9/10)

 

Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu cafe di Sawah Baru Ciputat ini mengusung tema ‘Bersama Santri Meneladani Akhlak Nabi. Risalah Cinta Rasulullah untuk Mewujudkan Santri Siaga Jiwa Raga’. Bersamaan dengan momentum bulan maulid, salah satu bulan yang dianjurkan untuk meneladani rasul adalah membaca shalawat, untuk mengingat nabi Muhammad SAW.

 

Berbarengan dengan Peringatan Hari Santri Nasional ke-6 yang diselenggarakan oleh Fatayat NU Tangsel, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Tangerang Selatan KH Abdullah Mas’ud mengingatkan komitmen kaum santri dalam memperjuangkan NKRI, dan saat ini kader NU adalah penyambung estafet perjuangan ulama, kiai dan santri NU terdahulu agar terus menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

 

KH Abdullah Mas’ud sangat mengapresiasi PC Fatayat NU Tangsel karena dapat mengupayakan peluncuran program UMKM dan menjadi pioneer yang mengawali kegiatan peringatan Hari Santri Nasional 2021 dengan sukses.

 

“Fatayat NU Tangsel dapat membuat program yang segmented, sesuai dengan usia ibu-ibu muda produktif, yang dapat menjadi lahan pertumbuhan ekonomi, perlindungan juga pemberdayaan perempuan. Program UMKM merupakan wadah yang tepat”, ujar tokoh agama yang akrab disapa Cak Mas’ud ini.

 

Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie yang juga hadir dalam acara, memberikan dukungan yang sangat luar biasa terkait pemberdayaan ekonomi kreatif bagi kader Fatayat NU Tangsel. Kehadirannya sekaligus meresmikan launching UMKM Fatayat NU Tangsel dengan ditandai pemotongan pita secara simbolis yang menandakan bahwa UMKM binaan Fatayat NU Tangsel sudah resmi terbentuk sejak hari itu.

 

“Kita dapat memperbaharui produk ekonomi sesuai dengan keinginan konsumen dari aspek kualitas dan packaging misalnya. Saya harap kita dapat menemukan strategi baru dalam rangka mendorong nilai ekonomi Tangsel melalui program UMKM Fatayat,” sambung Walikota Tangsel yang baru menjabat tahun ini.

 

Dalam hal ini, Ketua Pimpinan Wilayah Fatayat NU Banten Annisatussolihah atau yang akrab disapa Teh Anis juga sangat mengapresiasi kegiatan PC Fatayat NU Tangsel tersebut. Menurut Teh Anis, PC Fatayat NU Tangsel yang pergerakannya paling masif dengan berbagai programnya. Selain itu, Teh Anis menginformasikan bahwa PW Fatayat NU Banten akan mengadakan lomba shalawat An-Nahdliyah dan lomba dakwah bagi kader-kader Fatayat NU se-provinsi Banten untuk memeriahkan Hari Santri Nasional 2021. Informasi ini perdana disampaikan oleh Ketua PW Fatayat NU Banten tersebut di acara Fatayat NU Tangsel.

 

“UMKM yang digerakkan oleh Fatayat NU merupakan wadah bagi kader perempuan NU untuk berperan aktif dan kreatif secara ekonomi selama masa pandemi. Alhamdulillah sudah banyak kader yang mendaftarkan usahanya dalam UMKM binaan Fatayat NU Tangsel”, ungkap Ketua PC Fatayat NU Tangerang Selatan Nurul Mudrika.

 

Rika juga berharap, peserta UMKM yang merupakan kader Fatayat NU Tangsel ini dapat bersinergi, bermanfaat, mashlahah dan usahanya dapat berlangsung untuk jangka panjang.

 

“Hari ini Fatayat NU Tangsel sudah melaksanakan Khatmil Qur’an, insya Allah mukjizat kemuliaan nabi ada di Al-Qur’an. maka cintailah Al-Qur’an. Nabi akan mengakui kita sebagai ummatnya, Allah akan menjanjikan surga sesuai kualitas bacaan berapa kali kita khatam. Karena di riwayat lain disebutkan, surga itu ada sesuai dengan jumlah surah dalam al-Qur’an. Semakin sering kita membaca Al-Qur’an, hati kita akan semakin tenang dan derajat kita diangkat oleh Allah SWT. Ketika Al-Qur’an kita muliakan, maka kita pun akan menjadi mulia. Amaliah NU itu ada tiga, yaitu membaca Al-Qur’an, shalawat dan silaturrahmi yang membawa manfaat”, pungkas Hj Iftitahurrahmah yang memberikan mauidhatul hasanah dalam acara Fatayat NU Tangsel tersebut.

 

Selanjutnya banom-banom NU diharapkan bisa berkolaborasi untuk meramaikan kirab Hari Santri Nasional yang akan mencapai puncaknya pada tanggal 22 Oktober 2021 mendatang.

 

Berlangsung dengan khidmat, acara turut dihadiri oleh beberapa tokoh, diantaranya Ketua PCNU Kota Tangerang Selatan KH Abdullah Mas’ud, Walikota Tangsel Benyamin Davnie, Ketua Fasilitasi CSR Tangsel yang juga merupakan istri Walikota Tangsel Lista Hurustiati, Ketua PW Fatayat NU Banten Annisatussholihah, Ustadzah Hj Iftitahurrahmah (Da'iyah), serta beberapa Banom NU seperti GP Ansor, Banser, IPPNU, juga lembaga-lembaga NU seperti LKKNU, LazisNU, RMI, dan para Kyai dari MWC NU se-Tangsel yang juga turut memeriahkan acara tersebut.

 

 

Kontributor: Ariny Rizkina dan Siti Nurjannah
Editor : Arfan Effendi
 


Editor:

Banten Raya Terbaru