• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Lakpesdam PBNU Dorong PCNU Tangsel Buat Peta Basis Nahdliyin

Lakpesdam PBNU Dorong PCNU Tangsel Buat Peta Basis Nahdliyin
Acara Ngaji Kamulyan bertajuk Pengembangan SDM NU pada Komunitas Muslim Perkotaan yang digelar di Kantor PCNU Tangsel, Minggu malam (6/12/2020).
Acara Ngaji Kamulyan bertajuk Pengembangan SDM NU pada Komunitas Muslim Perkotaan yang digelar di Kantor PCNU Tangsel, Minggu malam (6/12/2020).

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam PBNU) mendorong Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Tangerang Selatan (PCNU Tangsel) yang baru terbentuk agar segera membuat peta basis warga nahdliyin yang ada di wilayah Tangsel.

 

Wakil Ketua Lakpesdam PBNU Dr Khamami Zada MA mengatakan, PCNU Tangsel harus bisa membantu Pemkot Tangsel dalam berbagai programnya. "Kita harus intensif membantu Pemkot Tangsel. Pemkot Tangsel dapat keuntungan dan kita bisa berdaya karena Pemkot basisnya APBD, perlu kita mengakses bahwa pembangunan harus dapat menjangkau basis warga NU," ujar Khamami saat menjadi pemateri pada acara Ngaji Kamulyan bertajuk Pengembangan SDM NU pada Komunitas Muslim Perkotaan yang digelar di Kantor PCNU Tangsel, Minggu malam (6/12/).

 

Khamami menegaskan, untuk langkah itu, PCNU Tangsel perlu mengetahui basis warganya sehingga sasaran program yang dibuat ke depan bisa sesuai. "Itu yang saya sebut PCNU Tangsel perlu membuat peta basis warga NU yang tinggal di Tangsel," tuturnya.

 

Peta basis yang dimaksud adalah bagaimana keberadaan semua warga NU di Tangsel bisa terdeteksi secara jelas dan tepat. Hal ini penting sehingga PCNU bisa memberdayakan mereka. "Kelemahan kita selama ini adalah database gak pernah ada, apalagi update. Peta basis warga NU di Tangsel ini adalah kunci awal agar kita bisa memberdayakan warga NU, baik sebagai jamaah maupun jamiyah," urainya.

 

Khamami mengatakan, dengan mengetahui peta basis, jika ada jamaah NU yang suka terhadap bidang politik maka mereka bisa didorong untuk maju dan berkembang melalui partai politik, baik di PKB, PPP, Golkar, PDIP, atau partai lainnya. "Sehingga kita banyak wakil kita di sana. Kalau basis mereka pada bisnis, bergerak di bidang ekonomi, ya kita dorong sehingga kemandirian akan muncul karena peta basisnya jelas," katanya.

 

Misalnya peta basis warga NU di kecamatan atau kelurahan tertentu adalah sebagai pedagang maka mereka bisa dibantu akses lewat lembaga perekonomian. "Kalau peta basisnya adalah guru maka bisa kita dorong lewat LP Ma'arif. Peta basis ini dipaka untuk semua lembaga, bukan hanya untuk Lapkesdam saja," katanya. Khamami juga mengingatkan perlunya PCNU untuk selalu menyapa warganya di semua tingkatan.  

 

Sementara itu, Ketua PCNU Tangsel KH Abdullah Masud mengatakan, di kepengurusan barunya ini, pihaknya sudah siap untuk melakukan sensus warga NU yang ada di Tangsel. "Kita sudah siapkan aplikasi dan timnya. Kita targetkan 2021 tuntas sensus warga NU Tangsel," tuturnya.

 

Gus Mas'ud mengatakan, saat ini di bawah PCNU Tangsel sudah ada kepengurusan di 7 MWC dan 26 Ranting. "Kita bertekad dalam satu dua bulan ke depan sudah terbentuk 54 Ranting. Dan di 735 RW kita akan bentuk anak ranting. Itu gambaran ke depan terkait pemetaan," pungkasnya.

abdul rochim


Banten Raya Terbaru