• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Resmi Dilantik, HPN Kota Tangerang Fokus Pendampingan UMKM

Resmi Dilantik, HPN Kota Tangerang Fokus Pendampingan UMKM
HPN Kota Tangerang masa khidmat 2022-2024. (Foto: Arfan)
HPN Kota Tangerang masa khidmat 2022-2024. (Foto: Arfan)

Kota Tangerang, NU Online Banten

Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Tangerang Nefri Ihza Mahendra mengungkapkan komitmennya dalam menakhodai himpunan pengusaha ini. Ia menuturkan, bahwa HPN sebetulnya sejak 2016 sudah terbentuk. Namun, pada kepengurusan yang baru ini dirinya bersedia untuk memaksimalkan peran HPN di Kota Tangerang.

 

Ia menambahkan, HPN sebagai fungsinya mempunyai peran mewadahi usaha kecil menengah masyarakat. Terlebih, Nefriza akan memaksimalkan program-program yang didistribusikan oleh HPN pusat. Disamping itu, akan melakukan pendataan dan pembinaan 200 UMKM di wilayah kota Tangerang seperti yang diinstruksikan oleh pengurus pusat. Nefriza juga mengamati pada wabah pandemi ini, banyak UMKM yang mengalami dampak yang luar biasa. 

 

“Kedepannya kita akan melakukan pendampingan dan memaksimalkan peran UMKM yang ada di Kota Tangerang.” Ujar Nefriza.

 

Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Tangerang masa khidmat 2022-2024 resmi dilantik. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Narita, Cipondoh, pada Minggu (23/1/2022) pagi.

 

Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Abdul Kholik mengungkapkan, himpunan ini dibentuk bertujuan mengorganisir pengusaha-pengusaha Nahdliyin dalam membangun kemandirian warga NU terutama di bidang ekonomi. Secara kultur, HPN merupakan sebuah wadah yang terlahir dari rahim Nahdlatul Ulama. 

 

Meski begitu, pihaknya mendorong pengusaha-pengusaha yang masuk dalam kepengurusan HPN Kota Tangerang, untuk mempergunakan fungsi pokoknya dalam membangun bisnis secara profesional dan mensejahterakan warga NU.

 

“HPN menjadi sebuah wadah untuk pengabdian, bukan untuk dimanfaatkan kepentingan individu semata,” tegasnya.

 

Tak hanya itu, Abdul Kholik berharap HPN pada fungsinya tidak hanya seputar bisnis saja. Namun juga memberikan edukasi dan pendampingan kepada Nahdliyin untuk membangun kemandirian secara ekonomi.

 

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin, mengatakan sebagai perwakilan pemerintah kota turut mengapresiasi terbentuknya HPN Kota Tangerang. Sebagai salah satu mitra dalam membangun kemajuan kota Tangerang, dirinya menyampaikan harapan agar HPN kota Tangerang bisa memberikan sumbangsih nyata. Dan menjadi sebaik-baiknya organisasi. Sebuah wadah pengusaha yang memang dapat memberikan solusi.

 

“Semoga HPN Kota Tangerang bisa tumbuh hidup dan berkembang,” tandas Wakil Walikota Tangerang Sachrudin.

 

Masih ditempat yang sama, Sekretaris HPN Kota Tangerang Nur Asik, menyampaikan pembentukan HPN ini dirasa sangat perlu guna memaksimalkan kemandirian NU. Kang Asik, sapa akrabnya, bersama Ketua dan Bendahara HPN Kota Tangerang Haji Suradi bekerja sama membentuk kepengurusan HPN kota Tangerang.

 

Ia mengamati Kota Tangerang sebagai salah satu daerah penyangga, memiliki bonus demografi ekonomi yang harus dimaksimalkan. Menurutnya, aspek ekonomi menjadi salah satu kunci dalam membangun kemandirian warga NU.

 

“Banyak yang berkhidmat, namun juga kita sebagai Nahdliyin tidak boleh menjadi penikmat. Aspek Ekonomi harus kita maksimalkan guna membangun warga NU.” Tandas Kang Asik. 

 


Pewarta: Arfan Effendi
Editor: Ferdian Andi


Banten Raya Terbaru