• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 20 Mei 2024

Banten Raya

Walkot Tangsel Tidak Alergi terhadap Aduan Masyarakat

Walkot Tangsel Tidak Alergi terhadap Aduan Masyarakat
Jajaran pegawai Pemkot Tangsel saat sosialisasi pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR. (Pemkot Tangsel)
Jajaran pegawai Pemkot Tangsel saat sosialisasi pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR. (Pemkot Tangsel)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Wali Kota (Walkot) Tangerang Selatan Benyamin Davnie berharap masyarakat Tangerang Selatan (Tangsel) dapat memahami proses tata cara pengaduan maupun aspirasi yang disampaikan ke Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui kanal Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

 


Hal tersebut disampaikan saat membuka sosialisasi pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR yang diikuti oleh perangkat kelurahan, kecamatan dan perwakilan RT/RW se-Tangerang Selatan, di Aula Blandongan Puspemkot Tangsel, Senin (16/10/2023).

 


’’Bapak ibu yang hadir saya imbau untuk ikut kegiatan ini sampai selesai dan pastikan juga dapat mengerti dan memahami terkait tata cara pengaduan masyarakat," ucap Benyamin.

 


Hal ini penting kata Benyamin, karena di era kemajuan teknologi saat ini proses pembangunan kota sangatlah terbuka dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat."Tidak ada lagi komunikasi satu arah, kami membangun komunikasi dua arah yang memberikan kesempatan seluas-luasnya partisipasi aktif dari masyarakat," ujarnya seperti dikutip dari laman Pemkot Tangsel, Rabu (18/10/2023).

 

 

 

Partisipasi itu bisa dilakukan melalui pengaduan lewat website SP4N-LAPOR, yang sejak 12 Desember 2022 lalu, Pemkot Tangsel telah melakukan launching penerapan kanal pengaduan masyarakat tersebut."Tidak ada kata alergi terhadap aduan dan masukan dari masyarakat, demi tercapainya kebijakan dan program yang tepat sasaran," ungkapnya.

 

 

 

Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel Tb Asep Nurdin mengatakan bahwa hingga Senin (16/10/2023) total pengaduan masyarakat melalui SP4N-LAPOR berjumlah 523 laporan. Dari total tersebut bahwa hampir 99,43 persen telah ditindaklanjuti.

 


’’Luar biasa kecepatan yang dilakukan teman-teman perangkat daerah termasuk kecamatan dan kelurahan yang merespons pengaduan masyarakat lewat SP4N-LAPOR," ucapnya.

 


Dinas yang paling cepat merespons pengaduan masyarakat tersebut yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan.

"Insyaallah ini juga diikuti oleh rekan-rekan perangkat daerah lainnya. Dan mudah-mudahan layanan publik yang ada di Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui SP4N-LAPOR ini berjalan semakin baik," tutupnya. (M Izzul Mutho)


Banten Raya Terbaru