• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Obituari

Nahdliyin Berduka, Ulama Sepuh Lebak KH M Mas’ud Wafat

Nahdliyin Berduka, Ulama Sepuh Lebak KH M Mas’ud Wafat
KH M Mas'ud saat mengajar ngaji pada Ramadhan tahun lalu (dok Sehabudin)
KH M Mas'ud saat mengajar ngaji pada Ramadhan tahun lalu (dok Sehabudin)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin berduka. KH Muhammad Mas'ud wafat. Ulama asal Lebak Picung, Cijoro, Lebak, Banten, yang saat ini tercatat sebagai Mustasyar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten, itu meninggal pada Ahad (16/7/2023).

’’Tadi sehabis maghrib, Mama KH M Mas'ud wafat,’’ ujar Sehabudin, santri KH Muhammad Mas'ud, dihubungi NU Online Banten, Ahad (16/7/2023) malam. Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) PWNU Banten itu menjelaskan, Kiai Mas'ud termasuk pendiri NU di Lebak.

Kiai kelahiran Pandeglang, 15 November 1940, itu lanjutnya, meninggal dalam usia 83 tahun. ’’Sebelumnya yang saya tahu, sudah sakit. Makin drop sekitar 3 bulan terakhir setelah istri beliau meninggal. Beliau ahli fiqih, alat, dan falak,’’ imbuh Sehab—sapaan akrab Sehabudin, yang sejak kecil mengaji kepada kiai tersebut dan tempat tinggalnya ketika itu hanya terpaut beberapa rumah.

Pengasuh dan pimpinan Pondok Pesantren Al Hidayah Lebak Picung itu meninggalkan enam putra dan lima putri. ’’Ini saya mua  ke sana,’’ ujar Sehab yang kini rumahnya pindah, tidak satu desa lagi dengan Kiai Mas’ud seperti saat kecil, tapi tetap masih di Lebak.

Dikutip dari buku Jejak Nahdliyin Sejarah, Kiprah, dan Mimpi NU Lebak, Banten, halaman 64, disebutkan, kiprah Kiai Mas’ud di NU sangat terlihat. Pada 1964 sudah aktif di Gerakan Pemuda Ansor. Pernah sebagai katib Syuriyah PCNU Lebak era Rais Syuriyah KH Hasanudin. Setelah itu sebagai rais Syuriyah, setidaknya empat periode.

Selain itu, menjadi ketua Bazda Lebak, 1998-2007; Wakil Ketua MUI Lebak, 1997-2007; pengurus Dewan Pendidikan Lebak; dan pengurus FKUB Banten. Mari sempatkan mengirimkan doa kepada KH M Mas’ud.

Pewarta: M Izzul Mutho


Obituari Terbaru