• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

RMI NU Banten : Santri Banten Untuk Persatuan

RMI NU Banten : Santri Banten Untuk Persatuan
Ketua RMI NU Banten, KH Imadudin Utsman saat menyampaikan materi. (DOK : Jaenal Mutakin)
Ketua RMI NU Banten, KH Imadudin Utsman saat menyampaikan materi. (DOK : Jaenal Mutakin)

Serang, NU Online Banten

Rabithah Ma’ahid Islamiyyah Nahdlatul Ulama (RMI NU)  Provinsi Banten gelar Rapat Kerja (Raker) dan Seminar Nasional di Gedung PWNU Banten di Serang, Ahad (20/6).

Rapat kerja langsung dibuka oleh Ketua PWNU Banten KH Bunyamin Hafidz. Acara pembukaan dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Banten Dr H Nanang Faturohman, Staff Ahli Walikota Serang Alfaidi, Anggota DPRD Provisi Banten H Ade Awaluddin, Ketua RMI NU Kabupaten/Kota Se-Banten, Banom dan Lembaga-lembaga PWNU Banten.

Dalam sambutannya, Ketua RMI NU Banten KH Imaduddin Utsman menjelaskan tema 'Santri Banten Untuk Persatuan Indonesia'. menurutnya, santri merupakan kekuatan Indonesia untuk menjaga dari serangan ideologi transnasional, dengan mengutip pendapat Prof Azyumardi Azra. Pengasuh pesantren Nahdlatul Ulum Kresek ini, menyatakan bahwa Pesantren NU akan sulit untuk di radikalisasi oleh kekuatan transnasional.

Kelompok dengan corak afiliasi ideologi transnasional tersebut mempunyai ciri dalam upaya mengubah negara bangsa menjadi negara agama. Mengubah ideologi Pancasila menjadi sistem agama versi pandangan mereka, bahkan ingin mengganti NKRI dengan khilafah islamiyah.

Jika rajutan agama dan nasionalisme telah selesai diperbincangkan oleh para pendiri bangsa dan para ulama. kelompok ini berusaha mengusik kembali dengan mempertanyakaan nasionalisme dan jati diri bangsa. Jika dasar negara yang kokoh telah menjadi bagian penting dalam memayungi kebhinnekaan, kelompok ini ingin meruntuhkan Pancasila dengan dasar tafsir agama yang mereka fahami, yang tentu akan mengoyak persatuan bangsa.

Santri Banten hari ini merevitaslisasi keteguhan akan pentingnya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasar Pancasila. Memancarkan keteguhan itu kepada setiap elemen bangsa, agar tercipta kesepahaman jamiyyah. Bahwa pancasila adalah ijtihad ulama dan pendiri bangsa yang harus dijaga untuk kesinambungan keharmonisan dan persatuan bangsa indonesia selama-lamanya.

Sebagai salah satu langkah strategis untuk upaya itu. Melihat realitas kemajuan teknologi. Kemajuan internet telah menjadi bagian dari hidup manusia di dunia, maka santri juga perlu untuk memahami bahaya propaganda faham transnasional melalui internet. Dan memaksimalkan peran santri memanfaatkan kemajuan teknologi dalam dunia kesantrian

Banyak peneliti berpendapat Islam ala Nahdlatul Ulama yang moderat sangat mendukung keberlangsungan ke Indonesiaan ini. Nahdlatul Ulama sebagai basis Islam Indonesia yang wasathiyah akan sulit digempur oleh faham radikal transnasional.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Banten, Nanang Faturahman  menekankan pentingnya menjaga nilai-nilai moderatisme faham keagamaan. ia juga menyatakan bahwa, walau dirinya berlatar belakang nahdliyyin, tapi ia adalah kakanwil bagi seluruh Umat Islam dari ormas manapun, juga bagi seluruh umat beragama di luar Islam yang ada di provinsi Banten.

Lanjutnya Nanang berpesan, dalam rangka menciptakan kondusifitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Agar tak segan melaporkan aparatur sipil dibawah binaannya. Jika ada yang memposting dan menyebarkan berita hoax, dengan disertai bukti otentik perbuatannya.

Kontributor : Jaenal Mutakin, Didin Syahbudin
Editor : Arfan


Banten Raya Terbaru