• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Semarakkan Bulan Ramadhan, Ansor-Banser Ciputat Bagikan Takjil Gratis

Semarakkan Bulan Ramadhan, Ansor-Banser Ciputat Bagikan Takjil Gratis
Ansor-Banser Ciputat bagikan takjil gratis. (Foto: Istimewa)
Ansor-Banser Ciputat bagikan takjil gratis. (Foto: Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Bulan Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan ini selalu membuat manusia berlomba untuk berbuat kebaikan. Salah satu ide spontanitas yang tercipta adalah membagikan menu takjil gratis di pinggir jalan. 

 

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Kecamatan Ciputat, menggelar Ansor Berbagi Takjil. Kegiatan tentu saja dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan, pada Ahad (10/4). 

 

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 16.30 WIB hingga 17.30 WIB tersebut diisi dengan pembagian takjil yang bertempat di Bundaran Maruga, Serua, Ciputat. Tepatnya di depan Kantor PCNU yang lama. Takjil kemudian diberikan kepada masyarakat yang melintas di sekitar tempat tersebut sesaat menjelang waktu buka puasa. 

 

“Kegiatan ini diikuti seluruh anggota Ansor se-Kecamatan Nalumsari yang secara sukarela menginfakkan sebagian hartanya” kata Suryaman. 

 

Kemudian, kata Suryaman, dana yang terhimpun dibelikan menu takjil dan dikemas, serta menjadi kegiatan Ansor Banser Ciputat berbagi takjil, lanjutnya. 

 

Kendati begitu, Koordinator kegiatan bagi-bagi Takjil, Ramidi mengungkapkan, meski sederhana, pihaknya turut bahagia dan  bersemangat dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan. 

 

"Meskipun dengan cara sederhana, acara ini kami gagas sebagai wujud pengabdian kepada agama, organisasi, dan masyarakat, juga demi terjalinnya ukhuwah islamiyah khususnya di daerah kami,” ujar Ramidi. 

 

Suryaman, selaku Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Ciputat sekaligus penanggung jawab kegiatan menuturkan, bahwa Ramadhan merupakan momentum tepat untuk saling berbagi dan melatih kepekaan sosial. “Ini juga sebagai sarana menyambung tali silaturahim,” ungkapnya. 

 

Dan dengan kegiatan berbagi takjil ini diharapkan mampu membentuk opini di masyarakat bahwa Ansor Banser tidak bergerak dalam kegiatan agama saja.

 

“Namun juga dalam kegiatan sosial melalui acara-acara seperti ini,” tegasnya. 

 

Acara melibatkan seluruh anggota Ansor serta diikuti Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Kecamatan Ciputat. Suryaman mengungkap, kegiatan yang dilakukan Ansor ini mendapat sambutan hangat baik dari sesama anggota maupun masyarakat. 

 

"Kami merasa terbantu dengan kegiatan ini. Di samping dapat beramal, juga karena kami dapat mengenalkan salah satu program kerja organisasi dengan kegiatan sosial kepada masyarakat,” ungkap, salah seorang anggota Ansor Ciputat. 

 

"Semoga Ansor akan selalu menunjukkan eksistensinya di tengah masyarakat,” tutur Ust. Subhan Basyuni, selaku Dewan Pembina PAC GP Ansor Ciputat yang telah turun ke jalan berbagi Takjil kepada para pengendara yang melintas, seperti ojek online, masyarakat sekitar, pemulung dan lain sebagainya. 

 

Setelah pembagian takjil, para peserta melaksanakan buka bersama bertempat di Markas Komando (Mako) PAC GP Ansor Ciputat di Gg. Sukma 3, Serua atau Mabes Wahdaniyah JM Pimpinan Ustadz Subhan Basyuni.


Editor:

Banten Raya Terbaru