• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Warta

Lakpesdam PBNU Akan Membangun Pusat Pendidikan dan Pengkaderan NU

Lakpesdam PBNU Akan Membangun Pusat Pendidikan dan Pengkaderan NU
Rencana pembangunan pusat pendidikdan dan pengkaderan NU. (Foto : Istimewa)
Rencana pembangunan pusat pendidikdan dan pengkaderan NU. (Foto : Istimewa)

Jakarta, NU Online Banten

Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan segera membangun pusat pendidikan dan pengkaderan NU di daerah Padamulya Kuningan, Jawa Barat.

“Pusat Pendidikan dan Pengkaderan NU ini sudah lama menjadi pembicaraan dan keinginan. Alhamdulillah segera akan terwujud,” kata Rumadi Ahmad Ketua Lakpesdam PBNU pada Jum’at, (17/12/2021).

Pusat kegiatan ini rencananya akan menjadi pusat penguatan kaderisasi yang menjadi salah mandat Lakpesdam PBNU, bersama dengan mandat untuk pemberdayaan masyarakat dan advokasi serta riset dan advokasi.

“Pusat Pendidikan dan Pengkaderan” ini akan menjadi sarana yang strategis untuk menggembleng kader-kader NU dalam berbagai bidang,” tambahnya.

Rencananya Gedung ini akan menampung 100 peserta dengan total lahan 3 hektar. Terletak di dekat Asrama Putra dan Putri Pondok Pesantren An-Nahdliyah yang diresmikan oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj beberapa waktu lalu, gedung ini juga menjadi Gedung serbaguna yang hanya dapat dimanfaatkan Lakpesdam.

“Kita perlu mengiventarisasi suplai kader ke dalam dan keluar,” terang Ahmad Suaedy, Wakil Ketua Lakpesdam PBNU, sembari menjelaskan pentingnya eksistensi pusat pendidikan ini bagi kelangsungan kader NU di masa mendatang.

Selama ini, menurut Suaedy, kita terpaku pada suplai kader secara internal sehingga suplai kader keluar belum digarap dengan baik. Hal yang lain yang perlu dipikirkan oleh Lakpesdam adalah manajemen kader dan kolaborasi dengan pihak lain.


Pewarta : Arfan Effendi
Editor : Ari Hardi
 


Editor:

Warta Terbaru