• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Banten Raya

Amankan Sabu Senilai Ratusan Miliar Rupiah dari Jaringan Internasional

Amankan Sabu Senilai Ratusan Miliar Rupiah dari Jaringan Internasional
Pengedar narkotika jenis sabu ditangkap BNN RI dan Bea Cukai di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon Banten, Jumat (24/2/2023). (Foto: NU Online Banten/ Muhammad Uqel Assathir)
Pengedar narkotika jenis sabu ditangkap BNN RI dan Bea Cukai di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon Banten, Jumat (24/2/2023). (Foto: NU Online Banten/ Muhammad Uqel Assathir)

Serang, NU Online Banten
Jaringan internasional terkait narkotika seakan tak ada habisnya. Terbaru, Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menangkap delapan orang warga asing jaringan internasional dengan barang bukti 309 bungkus sabu.


Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen Pol Petrus Reinhard Golose mengatakan, pengungkapan jaringan internasional ini, hasil dari operasi gabungan yang dilaksanakan bersama antara BNN dan Bea Cukai.


"Ini amat sangat luar biasa kerja samanya sehingga berhasil melakukan pengungkapan yang betul-betul adalah jaringan internasional yang ditangkap di perairan zona ekonomi eksklusif," ujarnya di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten, Jumat (24/20/2023).


Dijelaskan, jaringan internasional yang diamanakan saat ini, sama dengan beberapa kasus yang telah diamankan oleh beberapa negara lain. "Jaringan seperti ini beroperasi di dunia bahkan pernah beberapa kali juga ditangkap di tempat yang lain oleh negara lain. Ini suatu jaringan internasional yang harus diperhatikan, saya katakan bahwa kita menangani crime organization ini benar-benar," paparnya.


Terkait tipikal dari 309 bungkus sabu yang disita, lanjutnya, masih dalam pengembangan dan segera dicek di laboratorium. ’’Sementara ini masih pemeriksaan awal, kita akan kroscek penemuan negara lain maupun di Indonesia," tuturnya.


Dari hasil pemeriksaan sementara kepada sebagian besar warga negara Iran yang ditangkap telah diperiksa dan diketahui hasil positif menggunakan barang terlarang tersebut. "Berarti di samping mereka mengedarkan mereka juga mengunakan. Ini masih proses penindakan kita juga berkaitan dengan kedokteran," tegasnya.


309 bungkus narkotika jenis sabu jika beredar di masyarakat dapat dikonsumsi oleh 300 ribu lebih orang dengan jumlah mencapai ratusan miliar rupiah.


"Dalam kaitan ini generasi muda harus diselamatkan. Saya amat mengapresiasi dengan kerja anak buah saya Pak Deputi yang baru, Direktur Intelejen mereka betul-betul luar biasa mengikuti bersama-sama dengan anggota dan tentunya dengan jajaran Bea Cukai yang membantu dengan amat sangat luar biasa yang membackup seluruh kegiatan ini," tuturnya


Di tempat yang sama, Direktur Interdiksi Narkotika Bea dan Cukai R. Syarif Hidayat mengatakan, kegiatan operasional gabungan dalam penangkapan jaringan internasional tidak mudah dengan beberapa rintangan cuaca di laut.


"Tidak mudah, ombak besar dan tinggi karena ini ada di Samudera Hindia jauh di selatan Pulau Jawa dan Pulau Christmas.Bisa dibayangkan itu posisi yang sangat sulit dan ini merupakan tangkapan kami pertama untuk narkotika yang berasal dari kelompok Iran yang masuk melalui selatan," tutupnya.


Kontributor: Muhammad Uqel Assathir


Banten Raya Terbaru