• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 30 Januari 2023

Banten Raya

Ansor Kota Tangerang Serahkan Penampung Air untuk Makam Raden Aria Yudhanegara

Ansor Kota Tangerang Serahkan Penampung Air untuk Makam Raden Aria Yudhanegara
Penyerahan tempat penampungan air dari GP Ansor Kota Tangerang untuk lokasi makam Raden Aria Yudhanegara, Priuk. (Foto: istimewa)
Penyerahan tempat penampungan air dari GP Ansor Kota Tangerang untuk lokasi makam Raden Aria Yudhanegara, Priuk. (Foto: istimewa)

Tangerang, NU Online Banten

Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tangerang memberikan bantuan satu buah penampung air untuk tempat peziarahan makam Raden Aria Yudhanegara, Periuk.

 

Hal itu dilakukan karena setelah GP Ansor Kota Tangerang mengamati, ada banyak makam pejuang yang berada di Tangerang. Ada makam Raden Aria Wangsakara di Serpong, Makam Raden Aria Santika di Batuceper, Makam Raden Aria Yudhanegara di Periuk. Belum lagi ada banyak makam pejuang sewaktu melawan penjajah dan ulama penyebar Islam," kata Sudarto, Ketua GP Ansor Kota Tangerang. 

 

Selain itu, Sudarto juga merasa prihatin karena ada beberapa tempat peziarahan minim secara prasarana. Seperti di Periuk, makam Raden Aria Yudhanegara. Tempat peziarahan kurang fasilitas penampungan air bersih. 

 

"Setelah bermusyawarah, kami berinisiatif untuk membantu membenahi fasilitas peziarahan. Semoga ini bisa menjadi kemudahan untuk peziarah," tutur Sudarto.

 

Hal senada juga di sampaikan oleh Abdul Rahman, Ketua Rijalul Ansor, saat berziarah ke makam Raden Aria Santika di Batuceper. Ia mengatakan, minimnya fasilitas dan kurangnya perhatian bantuan secara ekonomi kepada pengurus yang sudah menjaga makam. Atas dasar itulah Rijalul Ansor memberikan bantuan berupa beras dan paket sembako lain. 

 

"Semoga atas inisiasi gerakan ini, beberapa orang tergerak hatinya untuk membantu pengurus yang merawat makam para pejuang," ujar Abdul Rahman. 

 

Melalui Gerakan Ansor Peduli yang kali ini dimotori oleh Rijalul Ansor Kota Tangerang. Mereka juga melakukan ziarah qubro makam syuhada pendiri Tangerang, sebelum bulan Ramadhan. (12/4). 

 

Diadakan serentak di 13 kecamatan, kegiatan selain untuk merawat tradisi, juga menjadi napak tilas meneladani perjuangan syuhada pejuang kemerdekaan. 

 

Kontributor: Arfan Effendi
Editor: Kendi Setiawan


Banten Raya Terbaru