• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Kamis, 26 Mei 2022

Banten Raya

Berkhidmat Tanpa Batas, Ansor-Banser Lebak Terus Bersiaga di Posko Mudik

Berkhidmat Tanpa Batas, Ansor-Banser Lebak Terus Bersiaga di Posko Mudik
Posko mudik yang dibuka oleh GP Ansor Lebak.
Posko mudik yang dibuka oleh GP Ansor Lebak.

Lebak, NU Online Banten

Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (GP Ansor) dan Satkorcab Banser Kabupaten Lebak membuka Posko Mudik Persaudaraan 1443 H pada Sabtu (30/04/2022). 

 

Pembukaan posko mudik ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Kepala Satuan Koordinasi Nasional (Satkornas) Banser Hasan Basri Sagala Nomor 679/SKN-SE/IV/2022 Tentang Instruksi Pembentukan Posko Mudik Lebaran 1443 H/2022 M. SE ini diterbitkan di Jakarta pada 13 April 2022. 

 

Dalam keterangannya, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Lebak H Deden Z Farhan, menjelaskan bahwa ada tiga tujuan dibukanya Posko Persaudaraan. Diantaranya yang pertama, ialah untuk membantu aparat dalam momen Mudik Lebaran Idul Fitri 1443 ini. 

 

Kemudian yang kedua, adalah untuk memberikan pelayanan bagi para pemudik yang butuh istrahat, berobat dan lain-lain. 

 

Lalu, yang ketiga, sebagai gerakan kemanusiaan, bahwa Banser selalu hadir, siap bekerja dan melayani dalam setiap momentum masyarakat. 

 

H Deden Farhan juga menghimbau, kepada para pemudik terkait kewajiban menjaga keselamatan, menjaga kesehatan, taat prokes, dan taat terhadap tata tertib lalu lintas, serta agar tidak abai terhadap ibadah. 

 

"Himbauan dari saya untuk pemudik, bahwa mudik untuk silaturahmi bisa saja di kategorikan sunnah, tapi menjaga keselamatan diri dan keluarga itu adalah kewajiban, selalu jaga kesehatan, taat prokes, tertib berlalu lintas dan jangan abai ibadah," tutur laki-laki yang juga merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Farhan Cipanas tersebut. 

 

Dalam keterangan terpisah, Kasatkorcab Banser PC GP Ansor Lebak, Ubaidillah, menuturkan bahwa kegiatan posko mudik yag dinamakan dengan posko mudik persaudaraan ini bertujuan untuk kampanye keselamatan berkendara, protokol kesehatan, dan kampanye moderasi beragama. 

 

Ubaidillah mengatakan, kegiatan Posko Mudik Banser 2022 ini dinamakan dengan Posko Mudik Persaudaraan Banser Taat Protokol Kesehatan. 

 

"Kegiatan posko ini antara lain kampanye keselamatan berkendara, kampanye protokol kesehatan, kampanye moderasi beragama, oleh sahabat-sahabat para pejuang yang bertugas untuk kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama serta keselamatan orang lain," ucap laki-laki yang akrab disapa Komandan Ebeng tersebut. 

 

Saat ditanyai langsung pada salah satu lokasi posko mudik persaudaraan yang terletak di pintu keluar tol Rangkasbitung. 

 

Ketua Posko Satu Ruyatna, mengatakan tujuan dibukanya posko mudik ini adalah untuk memberikan bantuan dan manfaat bagi masyarakat yang beraktifitas menjelang dan sesudah lebaran. 

 

"Dibukanya posko mudik persaudaraan yang diselenggarakan Ansor Banser bertujuan antara lain memberikan bantuan dan manfaat bagi masyarakat sekitar maupun pemudik dalam beraktivitas menjelang dan usai lebaran Idul Fitri 1443 H." ucap Ruyatna. 

 

Dalam giat pengamanan mudik lebaran tahun 2022 tersebut ada tiga titik lokasi posko Mudik Persaudaraan Ansor Banser Kabupaten Lebak. Diantaranya, Posko satu berlokasi di area pintu keluar tol Rangkasbitung - Serang, Posko dua berada di simpang Malingping-Bagedur, dan Posko tiga berlokasi di Stasiun Maja, Lebak.

 

Kontributor: Ahmad Kholiyi


Banten Raya Terbaru