• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 30 Januari 2023

Banten Raya

Gelar Muhasabah, Cara Pemda Lebak bersama Masjid Agung Lebak Isi Malam Pergantian Tahun

Gelar Muhasabah, Cara Pemda Lebak bersama Masjid Agung Lebak Isi Malam Pergantian Tahun
Menyambut pergantian tahun, Pemda Lebak bersama Masjid Agung Al-A'raaf Lebak adakan kegiatan muhasabah akhir (Foto: Ahmad Kholiyi)
Menyambut pergantian tahun, Pemda Lebak bersama Masjid Agung Al-A'raaf Lebak adakan kegiatan muhasabah akhir (Foto: Ahmad Kholiyi)

Lebak, NU Online Banten

Menyambut pergantian tahun, Pemda Lebak bersama Masjid Agung Al-A'raaf Lebak adakan kegiatan muhasabah akhir tahun pada Jum'at 31 Desember 2021. 

 

Kegiatan yang juga dilaksanakan secara daring tersebut diinisiasi bersama dengan organisasi-organisasi yang biasa melaksanakan kegiatan keaktivisan di Masjid Agung Al-A'raaf.

 

Diantaranya organisasi-organisasi yang ikut dalam kegiatan tersebut yakni MUI Lebak, Pemuda & Remaja Masjid Agung Al-A'raaf (PERMASI), ODOJ, GP Ansor, FORNUSA, FKRML, PII, LsIS, GUSDURian, dan Gerakan Maghrib Mengaji.

 

Muhasabah akhir tahun ini dimaksudkan untuk memperbanyak kegiatan positif bagi masyarakat lebak dalam menyambut pergantian tahun.

 

Acara dimulai dengan tausiyah keagamaan oleh KH. Asep Saefulloh selaku Sekertaris Umum MUI Kab. Lebak, kemudian dilanjutkan dengan tawasulan yang dipimpin oleh Ustadz Anang Syarifudin, lalu Khatmil Qur'an, dan kemudian dilanjut dengan kegiatan Malam Binan Iman dan Taqwa (MABIT).

 

Hadir secara daring Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya yang memberikan sambutan dan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan positif seperti muhasabah akhir tahun tersebut.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kabag Kesra Pemda Lebak, Iyan Fitriyana.

 

Dadi Syaepul Hidayat, selaku panitia penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan muhasabah akhir tahun ini sengaja dilaksanakan atas arahan dari Kabag Kesra Pemda Lebak.

 

"Muhasabah akhir tahun ini kami laksanakan atas arahan Pak Haji Iyan, selaku Kabag Kesra Lebak, dan tentunya kami menyambut gembira karena araha tersebut sangat positif apalagi dalam rangka menyambut pergantian tahun," tutur lelaki yang juga merupakan Ketua Umum PERMASI Al-A'raaf tersebut.

 

Siti Nurul Falah, salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan Khotmil Qur'an turut mengapresiasi kegiatan tersebut.

 

Ia menuturkan bahwa kegiatan positif seperti muhasabah akhir tahun yang dilaksanakan di Masjid Agung Al-A'raaf ini merupakan kegiatan yang sangat positif disaat tidak sedikit masyarakat Lebak yang menyambut pergantian tahun dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

 

"Muhasabah akhir tahun ini merupakan cara menyambut pergantian tahun yang bernilai positif. Saya sengaja datang ke Masjid Agung agar bisa berkumpul dengan para insan-insan yang luar biasa, yang mau mencurahkan waktunya untuk aktivitas yang insyaAllah mendapatkan keberkahan ini," ucap Nurul.

 

Perlu diketahui juga bahwa kegiatan Muhasabah akhir tahun ini dilaksanakan dengan peserta terbatas untuk mengantisivasi penyebaran virus Covid-19. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan selalu memperhatikan penerapan protokol kesehatan. 

Kontributor: Ahmad Kholiyi

Editor: Ari Hardi


Editor:

Banten Raya Terbaru