• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Banten Raya

Hari Santri di Kanwil Kemenag Banten Bertabur Kegiatan

Hari Santri di Kanwil Kemenag Banten Bertabur Kegiatan
Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman (tengah) dan Kabid Pakis Kanwil Kemenag Banten Abdul Rojak (kedua dari kiri). (Foto: Dok pribadi)
Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman (tengah) dan Kabid Pakis Kanwil Kemenag Banten Abdul Rojak (kedua dari kiri). (Foto: Dok pribadi)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 semakin dekat. Menyambutnya, Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Banten Abdul Rojak mengatakan, pihaknya mengagendakan sejumlah kegiatan.’’Lomba membuat film pendek kehidupan santri (12-20 Oktober), karya tulis HSN 2023 (12-20 Oktober), dan launching HSN tingkat Kanwil Kemenag Banten,’’ ujarnya kepada NUOB di Tangerang Selatan, Sabtu (14/10/2023).

 


Tak hanya itu. Ada istighotsah dan doa santri Banten untuk Indonesia di Aula Kanwil Agama Kemenag Banten pada 19 Oktober, pesantren expo di Kampus 1 UIN SMH Banten pada 21-23 Oktober, dan apel HSN di Alun-Alun Barat Kota Serang pada 22 Oktober.

 


’’Ada juga pentas seni santri di Alun-Alun Barat Kota Serang pada 22 Oktober, doorprize untuk santri, pembagian izin operasional pesantren, dan tasyakuran HSN tingkat Banten di Alun-Alun Barat Kota Serang pada 22 Oktober. Jadi puncaknya pada 22 Oktober yang merupakan Hari Santri,’’ ungkap pria yang juga sebagai ketua panitia kegiatan tersebut.

 


Seperti diketahui, Hari Santri diperingati setiap 22 Oktober sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

 


Hari Santri merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang dikeluarkan KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Resolusi ini berisi seruan kewajiban berjihad untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan melawan pasukan penjajah, hingga memuncak pada perlawanan 10 November 1945, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

 


Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sudah meluncurkan logo peringatan Hari Santri 2023 di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta, pada Jumat (6/10/2023). ’’Pada peringatan tahun ini, kita usung semangat, jihad santri jayakan negeri,’’ katanya menyampaikan tema kali ini.

 


Dijelaskan, melalui tema tersebut, pihaknya mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital. (M Izzul Mutho)


Banten Raya Terbaru