• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

Kanwil Kemenag Banten Tekankan Tujuh Program Prioritas di Rapat Kerja

Kanwil Kemenag Banten Tekankan Tujuh Program Prioritas di Rapat Kerja
Kakanwil Kemenag Banten. (Foto: Istimewa)
Kakanwil Kemenag Banten. (Foto: Istimewa)

Kota Serang, NU Online Banten

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemeng) Provinsi Banten, Nanang Fatchurocman mengatakan, pada tahun 2022 adalah momentum terbaik untuk menjalankan tujuh program prioritas Kanwil Kemenag Provinsi Banten.

 

“Kanwil Kemenag Banten akan fokus untuk menjalankan tujuh program prioritas Kementerian Agama RI di tahun 2022,” kata Nanang pada saat memberikan arahan Rapat Kerja Kemenag Provinsi Banten, yang dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis (15-17/3/2022).

 

Tujuh program tersebut di antaranya Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi Kantar Urusan Agama (KUA), Cyber Islamic University (Perguruan Tinggi Keagamaan), Kemandirian Pesantren, Religiosity Index dan Pencanangan Tahun Toleransi 2022. 

 

Nanang menegaskan terkait penguatan moderasi beragama sangat penting, karena Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Moderasi merupakan kebajikan yang mendorong terciptanya harmoni sosial dan keseimbangan dalam kehidupan secara personal, keluarga dan masyarakat.

 

"Ada empat indikator utama dalam moderasi beragama, yaitu komitmen kebangsaan, anti kekerasan, toleransi, dan menghargai kearifan lokal (local wisdom) dan Kanwil Kemenag Provinsi Banten harus dapat memberikan solusi terhadap berbagai persoalan keberagamaan yang terjadi,” ungkap Nanang.

 

Lebih lanjut, nanng juga menjelaskan bahwa berkat adanya transformasi digital semua hal yang awalnya rumit menjadi lebih mudah dilakukan. Hanya dengan sedikit sentuhan pada layar smartphone, kamu dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan.

 

“Transformasi digital merupakan sebuah hal dalam penggunaan teknologi yang dilakukan untuk mentransformasi atau mengubah proses analog atau tradisional menjadi digital yang lebih efisien dan efektif. Dalam kehidupan sehari-hari kita sendiri sudah mengalami transformasi digital tersebut, mulai dari penggunaan jam tangan pintar hingga asisten rumah tangga dengan kecerdasan buatan,” kata Nanang.

 

Ia juga menhhimbau untuk menjalankan tujuh program prioritas Kemenag Banten, bahwa semua unit kerja harus mulai bertransformasi dan membangun pondasi dalam rangka mewujudkan digitalisasi layanan kepada seluruh umat.

 

Nanang juga mengajak agar seluruh pejabat di lingkungan Kemenag Banten untuk saling bersinergi dengan baik, serta menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Banten demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. 

 

Kontributor: Aep Budiman


Banten Raya Terbaru