• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

NU Care LAZISNU dan RMI NU Tangsel Serahkan Bantuan untuk Renovasi Bangunan Pesantren 

NU Care LAZISNU dan RMI NU Tangsel Serahkan Bantuan untuk Renovasi Bangunan Pesantren 
Penyerahan bantuan kepada pesantren yang dilakukan oleh NU Care LAZISNU dan RMI NU Tangsel. (Foto : Istimewa)
Penyerahan bantuan kepada pesantren yang dilakukan oleh NU Care LAZISNU dan RMI NU Tangsel. (Foto : Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Banten 

Pengabdian dalam membantu sesama terus dilakukan oleh NU Care LAZISNU dan Rabithah Ma'ahid Islamiyah NU (RMI NU) Tangerang Selatan. Hal itu dibuktikan dengan menyerahkan bantuan untuk renovasi bangunan pondok pesantren Altsaniyah Serpong, pada Rabu (15/12/2021). 

 

Sekretaris RMI NU Tangerang Selatan, Irfan Ahmad mengatakan akan terus berikhtiar untuk menjalankan amanah dari ketua PCNU Tangerang Selatan untuk membuat dan menjalankam program-program terkait pesantren. Minimal mencakup tiga poin yang telah diamanatkan. Juga, oleh undang-undang bahwa fungsi pesantren adalah bidang dakwah pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. 

 

Irfan mengatakan, pada tiga wilayah garapan pesantren ini, RMI NU Tangerang Selatan mencoba meramu dalam program-program aksi yang dapat menguatkan silaturahim antar pondok pesantren. Mendukung serta mewujudkan kuantitas dan kualitas pondok pesantren di Tangerang selatan. 

 

Selain itu, lelaki yang berprofesi sebagai advokat ini menyampaikan, RMI NU Tangerang Selatan juga telah memiliki komitmen melakukan pendampingan hukum bagi pesantren yang tersandung masalah hukum. Baik litigasi maupun non litigasi.

 

 

Menurutnya hal ini penting karena belum semua pesantren tertib administrasi. Khususnya dalam keuangan ketika mendapat bantuan, tetapi sudah digunakan, namun ketika dimintai laporan Pertanggung jawaban bingung untuk membuatnya. Sehingga muncul dugaan-dugaan yang sebetulnya bantuan sudah digunakan sesuai dengan peruntukannya. Karena lemah dalam administrasi keuangan maka dapat berurusan dengan masalah hukum. 

 

Sekretaris NU Care LAZISNU Tangerang Selatan, Afifudin menyampaikan amanah dari para donatur. Kepada tiga pondok pesantren, bantuan diperuntukkan renovasi bangunan pesantren. Tiga pesantren itu diantaranya pesantren Altsaniyah, pesantren Almatiin dan pesantren Darul Hikmah. 

 

"Ini sebagai bentuk amanah dan transparansi NU Care LAZISNU Tangsel dalam menjalankan amanah dari para donatur yang harus kami jalankan. Semoga berkah untuk semua dan pesantren yang menerima dapat menggunakan sebaik-baiknya," Harap Afif. 

 

Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan, Ahmad Andi Wibowo menjelaskan bahwa ini salah satu komitmen PCNU melalui NU Care LAZISNU dan RMI NU dalam mendukung pesantren yang berada di bawah koordinasi RMI NU Tangerang Selatan.

 

Ahmad Andi Wibowo menambahkan, selain bantuan renovasi, PCNU melalui Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) juga telah bekerja sama di bidang kesehatan pesantren. Dengan mendirikan klinik di pesantren pada lima titik pesantren. 

 

Lebih lanjut, Andi mengatakan dalam waktu dekat akan mengawal dan mendorong lahirnya Perda pesantren. Namun, tentu perlu dukungan semua elemen. Terutama para pimpinan pesantren dan nantinya melalui DPRD. 

 

"Semoga pesantren di Tangsel khususnya terus mengalami perkembangan tidak hanya kuantitas namun jug kualitasnya harus terjaga dan transmisi keilmuanya harus jelas dan melahirkan para alumni yang unggul dan berbudi luhur." Ujar Ahmad Andi Wibowo. 

 

Salah Satu perwakilan Pesantren yang menerima bantuan. Kiai Ruslan Abdul Gani, mengungkapkan banyak terimakasih kepada PCNU Tangerang Selatan melalui NU Care LAZISNU dan RMI NU. 

 

Ia berharap bantuan yang telah diberikan ini, dapat digunakan sebaik mungkin sesuai dengan peruntukannya. Juga, untuk mengembangkan pesantren. 

 

"Semoga berkah untuk kita semua dan para santri tambah semangat dalam menuntaskan belajarnya di pesantren kami." Harap Kiai Ruslan Abdul Ghani.

 

 

Pewarta : Arfan Effendi

Editor : Ari Hardi


Editor:

Banten Raya Terbaru