• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Pagar Nusa Cilegon Peringati Harlah ke-36 dengan Istighatsah dan Santunan Yatim Piatu

Pagar Nusa Cilegon Peringati Harlah ke-36 dengan Istighatsah dan Santunan Yatim Piatu
Tasyakuran Harlah Pagar Nusa ke-36 dengan Istighatsah dan santunan yatim piatu. (Foto: Taufik Hidayat)
Tasyakuran Harlah Pagar Nusa ke-36 dengan Istighatsah dan santunan yatim piatu. (Foto: Taufik Hidayat)

Kota Cilegon, NU Online Banten
Pagar Nusa sebagai wadah Pencak Silat Nahdlatul Ulama, turut berperan aktif untuk meningkatkan kepedulian terhadap sosial masyarakat. Momentum itu dibangun pada peringatan Harlah ini ke-36 ini dengan terselenggaranya santunan 50 anak yatim.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kiai Syamsul Ma’arif  saat Tasyakuran Harlah Pagar Nusa ke-36, Istighatsah dan santunan yatim, pada Kamis (13/01/2022) malam, bertempat di Majelis Ta’lim Bany Mu’ty Jl. Fatahillah Cirubuh, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

 

Kiai Samsul menyampaikan, santunan ini dirasakan langsung oleh anak-anak yang sangat membutuhkan. Oleh karenanya, hal tersebut menjadi salah satu wujud tingkat kepedulian terhadap masyarakat. Selain santunan, peringatan Harlah juga diisi Istighatsah yang dipimpin oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cilegon KH Hifdzullah.

 

Kiai Samsul berharap, Pagar Nusa kota Cilegon kedepannya lebih berkembang dan progresif khususnya di Kota Cilegon. Mengingat latihan-latihan sudah berlangsung di enam titik lokasi. Selain itu Kartu Tanda Anggota (KTA) bisa segera terealisasi, kemudian bisa segera dieksekusi pada tingkatan PAC dan Rayon agar kepada seluruh pengurus, warga dan kader bisa lebih berkembang.

 

“Pagar Nusa sebagai Aset bangsa harus kita lestarikan dan kita kembangkan, mengingat ini adalah salah satu warisan leluhur seni-budaya kita yang harus kita pertahankan diantaranya menjaga Kiai-kiai kita dibarisan terdepan” Ujar Kiai Syamsul yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum PC PSNU Pagar Nusa kota Cilegon.

 

Sementara itu, Sekretaris Umum Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa kota Cilegon Kiai Sohibul Imam, berharap momentum Harlah Pagar Nusa ini bisa membangun semangat juang yang tinggi. Karena pada generasi hari ini sangat diperlukan adanya rutinitas kegiatan yang produktif, untuk mengembalikan marwahnya dalam tingkat kepedulian sosial masyarakat.

 

“Hal yang paling prinsipil dalam rangkaian ini ialah memberikan sesuatu yang paling berharga kepada anak-anak yang membutuhkan dan kurang mampu. Dalam hal ini anak yatim piatu, sejatinya kita mengharapkan keberkahan kepada ulama salafuna al-shalih yang lebih mementingkan konsepsi memanusiakan manusia sebagai teladan,” Kata pria yang akrab disapa Kang Imam.

 

Lebih lanjut, Kang Imam mengungkapkan soal progres Pagar Nusa di kota Cilegon. Ia akan terus berupaya melanjutkan kegiatan-kegiatan yang produktif supaya generasi kedepan, lebih maju sebagai warga dan kader Pagar Nusa dibumi kota santri dan jawara sebagai julukan kota Cilegon.

 

Berlangsung dengan khidmat, acara ini turut dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Provinsi Banten Mohammad Nasir, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Cilegon KH Hifdzullah, Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Tokoh masyarakat lingkungan Cirubuh.

 

Kontributor: Taufik Hidayat at-Tanari
Editor: Arfan Effendi
 


Banten Raya Terbaru