• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

PC PSNU Kota Serang Gelar Harlah 36: Pendekar Siap Bela Kiai

PC PSNU Kota Serang Gelar Harlah 36: Pendekar Siap Bela Kiai
PC PSNU Kota Serang (Foto : Istimewa)
PC PSNU Kota Serang (Foto : Istimewa)

Serang, NU Online Banten

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kota Serang KH Saifun Nawasi, mengatakan harlah yang ke-36 Pagar Nusa merupakan kegiatan rutin tahunan yang memang harus di laksanakan setiap tahun. karena, disetiap tahun pasti ada pembaharuan-pembaharuan dan mungkin perkembangan yang baru. Maka dengan harlah itu kita membangun semangat yang baru.

 

Hal tersebut disampaikan olehnya saat tasyakuran peringatan harlah Pagar Nusa ke-36, pada Senin (3/1/2022) malam, bertempat di Saung Nusantara Al-Fathaniyah Desa Cimeunti, kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang.

 

KH Saifun menyampaikan perkembangan Pagar Nusa di kota serang ini sangat signifikan dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) sudah terbentuk. Juga pelatihan-pelatihan di pondok pesantren, masyarkat perumahan. Bahkan di masyarakat biasa, respon dari masyarakat sangat positif terhadap pencak silat Pagar Nusa ini. 

 

"Karena memang di pencak silat Pagar Nusa ini adalah pencak silat yang bernuansa olahraga tapi didalamnya di isi dengan pemahaman pemahaman aqidah di dalam keislaman" . Ujar Kiai Saifun. 

 

Kendati demikian, KH Saifun berharap Pagar Nusa membentuk generasi yang mampu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga menjaga para ulama. Karena memang didalam Pagar Nusa ada jargon yang mengatakan bahwa NKRI harga mati, bela kiai sampai mati. Sehingga apapun yang terjadi di negara ini. siapapun kelompok manapun yang akan mencoba untuk mengganggu menghancurkan NKRI, maka pagar Nusa siap untuk menumpas semua itu. 

 

Sementara itu, Bendahara Umum PSNU Pagar Nusa Banten Husni Mubarok, mengatakan Harlah Pagar Nusa ke-36 selain menjadi ajang silaturrahim, juga menjadi ajang menunjukan Skill dalam kemampuannya bela diri. 

 

”Pagar Nusa hari ini menjadi animo masyarakat soal keberadaannya, maka kita tunjukan ditengah-tengah masyarakat bahwa kehadiran PSNU Pagar Nusa benar-benar menjadi jembatan warga khususnya kalangan Nahdliyyin dengan terus melatihan kemampuan beladirinya sesuai dengan slogannya Jaga Kiai sampai Mati”. Kata pria yang biasa disapa Kang Mumu.

 

Lebih lanjut, Kang Mumu mengungkapkan Pagar Nusa sebagai salah satu cabang olahraga yang sehat dan kuat. Baik lahir maupun batin, Pagar Nusa mampu menjadi wadah seluruh masyarakat tidak hanya kaum adam akan tetapi kaum hawa atau perempuan juga bisa mengikutinya. 

 

“Kedepannya ditahun 2022 sebagai tahun yang baru dengan semangat yang baru seluruh perguruan, pendekar dan khususnya masyarkat Nahdliyin mampu mengimplementasikan dalam kehidupan nyata apa yang sudah diteladankan guru-guru kita yaitu membela kiai sampai mati” kata Kang Mumu dalam keterangannya. 

 

Dalam acara ini turut dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Pagar Nusa provinsi Banten Mohammad Nasir, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Rijalul Ansor Banten Kiai Hamdan Suhaemi, Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Serang KH Chudori Yusuf, PAC PSNU Pagar Nusa Cipocok Jaya, PAC Kasemen dan PAC Cikeusal serta masyarakat lainnya. 

 

Kontributor: Ja’far Shodiq

Editor: Arfan Effendi


Banten Raya Terbaru