• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

Peringati Harlah NU, Pelajar NU Purwaraja Adakan Diskusi Soal Digital

Peringati Harlah NU, Pelajar NU Purwaraja Adakan Diskusi Soal Digital
Pelajar NU Purwaraja seusai menggelar diskusi. (Foto: Cholwan Fuad)
Pelajar NU Purwaraja seusai menggelar diskusi. (Foto: Cholwan Fuad)

Kabupaten Pandeglang, NU Online Banten

Pesatnya kemajuan digital dan tantangan permasalahan global memaksa kader muda NU untuk beradaptasi. Kualitas dan kemampuan harus ditingkatkan agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Hal itu dilakukan agar kader muda NU tidak kalah dalam bersaing di kancah global peradaban modern kini.

 

Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Banten Tubagus Nurzaman, pada acara diskusi ‘Ngobrol’ yang digelar di Aula Desa Purwaraja, Menes, Pandeglang, Minggu (6/2/2022). Acara tersebut diadakan oleh Pimpinan Ranting IPNU-IPPNU Desa Purwaraja, kecamatan Menes.

 

“Permasalahan-permasalahan global yang semakin menyeret kita ke era digital. Maka dari itu perlu sekali kader-kader IPNU-IPPNU mampu bersaing di peradaban modern seperti sekarang ini,” tutur Tubagus Nurzaman.

 

Tubagus Nurzaman menyampaikan momentum Harlah NU ke-96 merupakan tantangan kader di era digital. Sebelum menghadapi persoalan tersebut, ia mengingatkan kader muda NU agar kualitas kader muda NU harus terus ditingkatkan. Juga, menguasai wawasan keislaman dengan baik guna bisa menjadi pendakwah di era digital.

 

“Selain belajar keislaman, jangan sampe kita tergerus arus perubahan zaman disebabkan kader-kader yang belum melek terhadap teknologi yang dapat menjadi media dakwah.” Ujarnya.

 

Kendati demikian, hal berbeda disampaikan oleh Ketua PAC Fatayat NU Menes Ratu Munawarah. Ia berpandangan transformasi digital yang semakin dinamis tidak lepas dari peran perempuan.

 

“Di zaman yang dinamis, gerakan perempuan harus lebih muncul di permukaan melalui pemanfaatan teknologi sebagai wadah untuk menggelorakan semangat perempuan,” ucap Ratu.

 

Sebelum usai, Ketua Ranting IPNU Purwaraja Adi, mengajak pelajar NU untuk menjadi pelopor perubahan. "Kader-kader IPNU-IPNU harus bisa bersaing di kancah peradaban modern seperti sekarang ini, bahkan harus bisa menjadi pelopor bukan hanya pengekor,” tutup Adi.

 

Berlangsung lancar, acara diskusi ini mengusung tajuk ‘Menyongsong 100 tahun NU: Merawat Jagat, Membangun Peradaban.’ Diskusi seminggu sekali yang diadakan oleh pimpinan ranting IPNU-IPPNU ini dinamakan ‘Ngobrol’ (Ngobrol Perihal). Dengan menghadirkan narasumber Wakil Ketua PW GP Ansor Provinsi Banten Tubagus Nurzaman dan PAC Fatayat NU Kecamatan Menes Ratu Munawarah. Dan dihadiri oleh pengurus IPNU-IPNU kecamatan Menes.

 


Kontributor: Cholwan Fuad
Editor: Arfan Effendi


Banten Raya Terbaru