Khutbah I
الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِه نَسْتَعِيْنُ عَلى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلى اٰلِه وَأَصْحَابِه وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَه لَاشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللهِ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالى: وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ
Hadirin jamaah Jum'at rahimakumullah
Marilah kita bersama-sama meningkatkan takwa kita kepada Allah ta'ala dengan berusaha menjalankan perintah-perintah-Nya serta menjahui larangan-Nya. Dengan harapan kita selalu mendapat rahmat dan anugerah Allah subhanahu wa ta'ala.
Para jamaah yang dimuliakan Allah
Islam mendorong umatnya untuk terus melakukan perubahan ke arah kehidupan yang lebih maju, baik dari segi lahiri maupun batini. Hendaknya perubahan tersebut berakar dari masing-masing individu dan kemudian mengarah kepada perubahan masyarakat dan umat. Di sisi lain kemiskinan merupakan kenyataan yang tak terhindarkan di negara ini. Kondisi yang berpotensi menghambat terwujudnya kesejahteraan secara lahiriah.
Karena itu Islam memerintahkan untuk berpartisipasi menanggulangi kemiskinan sesuai dengan kemampuannya. Hal itu berlaku juga bagi seseorang yang tidak mempunyai kemampuan materi, yaitu dengan menyumbangkan pemikiran dan simpatinya. Bahkan Al-Qur’an mengecam dengan keras orangorang yang tidak berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan sebagai kelompok pendusta agama (QS Al-Ma'un: 1-3).
اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ ١
فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ ٢
وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ ٣
a ra'aitalladzî yukadzdzibu bid-dîn. fa dzâlikalladzî yadu‘‘ul-yatîm. wa lâ yaḫudldlu ‘alâ tha‘âmil-miskîn
Artinya: ''Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?.Itulah orang yang menghardik anak yatim. Dan tidak menganjurkan untuk memberi makan orang miskin.'' (QS Al-Ma'un: 1-3)
Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah
Dalam diri manusia terdapat dua naluri yaitu naluri seksual dan naluri kepemilikan. Naluri ini akan mendorong manusia untuk bekerja dan berusaha. Bagi Islam, segala macam pekerjaan dan usaha sejauh tidak bertentangan dengan ajaran Islam adalah terpuji. Sebaliknya, pengangguran dan ketidak telitian dalam pekerjaan merupakan kondisi yang sangat tercela dan perlu mendapat kecaman.
Dalam satu hadits disebutkan bahwa:
إنّ اللهَ يحبّ عبده إذا عمل اتقن في عمله
Artinya: ’’Sesungguhnya Allah mencintai hamba-Nya yang profesional dalam pekerjaanya.’’
Etos kerja yang dilandasi visi dapat mengarahkan gerakan ekonomi rakyat pada satu tujuan, yaitu kemakmuran yang dinikmati oleh semuanya secara merata. Hal ini penting mengingat sistem ekonomi sekarang telah melahirkan kelompok kecil yang menguasai aktivitas perekonomian dari hulu sampai hilir. Tetapi di sisi lain ketidakmampuannya mengangkat kelompok besar masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi. Maka Islam menentang ketidakadilan sosial terjadi di tengah kehidupan masyarakat.
Jamaah Jumat yang disayangi Allah
Islam sangat memperhatikan terhadap kemiskinan dan menganjurkan upaya menghindarkan umat dari ketidakadilan sosial. Memang harus diakui bahwa solidaritas sosial tidak dapat menyelesaikan persoalan kemiskinan secara tuntas. Namun yang terpenting menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial terhadap masing-masing individu. Karena itu perlu ada penetapan hak dan kewajiban bagi kelas menengah ke atas sehingga muncul kesadaran tanggung jawab sosial untuk menciptakan keadilan kesejahteraan di tengah masyarakat.
Dalam konteks ini Islam mengajarkan konsep zakat yang merupakan hak delapan kelompok yang ditetapkan maupun melalui sedekah wajib yang merupakan hak bagi yang membutuhkan bantuan.
Jamaah Jumat yang dimuliakan Allah
Semoga Allah swt memberikan rahmat kepada kita semua, hidup kita selalu mendapat anugerah dan ridha-Nya. Amin.
اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَاِن الرَّ جِيْمِ . ِبسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّ حِيْمِ
وَالْعَصْرِۙ ١
اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ ٢
اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِࣖ ٣
بَـارَكَ اللهُ لِـيْ وَلَكُمْ بِالقُـرْآنِ العَظِيْمِ، وَنَفَعَنِــيْ وَإِيَّــاكُــمْ بِمَــا فِيْهِ مِـنَ الآيَاتِ وَالـذِّكْرِ الحَكِيْمِ، وَأَقَـوْلُ قَوْلِي هذَا وَاسْتَغْفِرُوْا اللّـهَ لِـيْ وَلَــكُمْ مِـنْ كُلِّ ذَنْـبٍ، فَيَا فَوْزَ المُسْتَغْفِرِيْنَ وَيَــا نَجَاةَ التَــائِبِيْنَ
Khutbah II
الحمد للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ .وَبِه نَسْتَعِيْنُ عَلى اُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَه لاَ شَرِ يْكَ لَهُ لَهُ الْمَلِكُ الْمُبِيْنُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدِ اْلاَمِيْنِ .صَلاَةً وَسَلاَ مًا دَآ ئِمَيْنِ مُتَلاَ زِمَيْنِ عَلى اَشْرَفِ الْمُرِسَلِيْنَ. سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِه وَاَصْحَابِه الطَّاهِرِيْنَ الْمُكَرَّمِيْنَ
اَمَّا بَعْدُ فَيَآ اِخْوَانِىْ رَحِمَكُمُ اللّهُ. اُوْصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَى اللّهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. فَقَالَ تَعَالى فِى كِتَابِهِ الْكَرِ يْمِ مَنْ يَتَّقِ اللّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبْ. وَاَنَّ اللّه اَمَرَكُمْ بَدَأَ بِنِفْسِهِ وَ ثَنى بِمَلاَ ئِكَةِ بِقُدْسِهِ . فَقَالَ عَزَّ مِنْ قَا ئِلٍ كَرِ يْمٍ. اِنَّ اللّهَ وَمَلآ ئِكَتَه يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْ تَسْلِيْمًا. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى اَلِه وَاَصْحَابِه وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. وَعَلَيْنَا مِنْهُمْ وَمَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ . اَمِيْنْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ, وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ, اَ لْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اَللّهُمَّ اَعِزِّ اْلاِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ. وَاَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ. وَ لاَ تَجْعَلْنَاتَحْتَ اَقْدَامِ الْمُنَافِقِيْنَ الظَّالِمِيْنَ. أَللّهُمَّ انْصُبْ فِيْ بِلاَدِنَا هذَا اِمَامًا عَادِلاً وَبِلاَدِ الْمُسْلِمِيْنَ عَآمَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ .اَللّهُمَّ اَ لِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ , وَفَرِّقْ جَمْعِيةَ الْكُفْرِ الْمُشْرِكِيْنَ بِعِنَايَتِكَ وَرَحْمَتِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّ احِمِيْنَ . اَللّهُمَّ ا دْ فَعْ عَنَّا الْغَلآ ءَ وَالْوَ بَآ ءَ وَالْفَخْشَآ ءَ وَالْمُنْكَرَ وَالْبَغْىَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآ ئِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَاذَ خَآ صَّة. وَمِنْ بُلْدَانِ مُسْلِمِيْنَ عَآ مَّة. اِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْئٍ قَدِ يْرٌ . رَ بَّنَااغْفِرْ لَنَا وَ ِلاِ خْوَاننَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْ نَا بِاْلاِ يْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْ بِنَا غِلاًّ لِّلَّذِيْنَ اَ مَنُوْ ا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَؤُوْفٌ رَحِيْمٌ
عِبَادَ اللّهِ, اِنَّ اللّهَ يَأْ مُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِ يْتَآ ءِ ذِي الْقُرْبى وَ يَنْهى عَنِ الْفَخْشَآ ءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغى يَعَظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَلَذِكْرُ اللَّهِ اَكْبَرُ. اَسْتَغْفِرُ اللَّهَ لِيْ وَلَكُمْ. ثُمَّ اَقِمِ الصَّلاَةَ
Diolah dari Nidaul Ummah, PCNU Bantul dan lainnya