• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Nasional

Ini Amalan Bikin Kaya dan Pesan Pengasuh Pesantren Sunan Drajat Lamongan

Ini Amalan Bikin Kaya dan Pesan Pengasuh Pesantren Sunan Drajat Lamongan
KH Abdul Ghofur. (Screen Shot Youtube TVNU/NU Online)
KH Abdul Ghofur. (Screen Shot Youtube TVNU/NU Online)

Tangerang Selatan, NU Online Banten
Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) menggelar Halaqah Ulama Nasional pada 11-13 Juli 2023 di Lamongan, Jawa Timur. Kegiatan bertajuk "Menyambut Peradaban Baru, Menguatkan Pesantren dan Revitalisasi Kitab Kuning" ini dipusatkan di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.


Dalam sambutannya, pengasuh pesantren sekaligus tuan rumah, KH Abdul Ghofur bercerita tentang proses belajarnya di Pondok Pesantren Manba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, yang saat itu diasuh oleh KH Bisri Syansuri. "Tak ijazahi sampeyan sedoyo poro hadirin rong perkoro sing kudu dicekel ben sugih (saya beri ijazah kalian semua, dua perkara yang harus diamalkan supaya kaya),’’ ujarnya dalam kegiatan yang ditayangkan oleh TVNU dan NU Online melalui live streaming YouTube, Rabu (12/7/2023).


Kiai Ghofur melanjutkan, Kiai Mahrus Ali, Lirboyo, menyampaikan dua perkara tersebut. "Siji, nek sampeyan nggak leren-leren moco sholawat, sholallahu 'ala Muhammad, kowe bakal sugih nang wilayahmu, paling akeh santrine (pertama, jika kamu tidak berhenti (istiqomah) membaca shalawat, sholallahu 'ala Muhammad, kamu akan kaya di wilayah tempat tinggalmu, paling banyak santrinya),’’ ujarnya.


Kedua, membaca Allahumma sholli 'ala Muhammad dibaca rutin atau istiqomah. ’’Kowe bakal paling akeh dunyone (kamu akan menjadi yang paling banyak hartanya),’’ lanjutnya.


Kiai Ghofur juga mengatakan, Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan dipilih sebagai kegiatan RMI NU salah satunya karena satu-satunya pondok tertua dan didirikan oleh Wali Songo yang masih ada hingga saat ini. ’’Kita anak bangsa harus turut menjaga kerukunan,’’ pesan guru besar itu yang di ujung sambutannya berdoa dan mendoakan para hadirin.


Pewarta: Singgih Aji Purnomo


Nasional Terbaru