• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Nasional

Tinggal Delapan Bulan, Jokowi Lantik Dua Menteri

Tinggal Delapan Bulan, Jokowi Lantik Dua Menteri
Hadi Tjahjanto (berkumis) dilantik sebagai menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri ATR atau kepala Badan Pertanahan Nasional. (Foto: Sekretariat Presiden)
Hadi Tjahjanto (berkumis) dilantik sebagai menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri ATR atau kepala Badan Pertanahan Nasional. (Foto: Sekretariat Presiden)

Banten, NU Online Banten

Presiden Joko Widodo mengangkat dua menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju. Hadi Tjahjanto yang ditunjuk sebagai menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam). Posisi ini sebelumnya diisi oleh Mahfud MD sebelum mengundurkan diri untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilu 2024.  Selain itu, Jokowi—sapaan Joko Widodo—juga melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai menteri agraria dan tata ruang (ATR) atau kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sebelumnya pos menteri ini dipegang Hadi Tjahjanto.
 


Pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/2/2024) pukul 11.00 WIB tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya. Proses pelantikan di masa pemerintahan Jokowi yang tinggal sekitar 8 bulan itu juga dimulai dengan pembacaan Keputusan Presiden, diikuti oleh pengambilan sumpah dan janji jabatan. "Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi mengawali sumpah jabatan, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.


Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak menghadiri upacara pelantikan putranya, AHY, sebagai menteri. Sekretaris Pribadi Presiden RI ke-6 itu, Ossy Dermawan, menginformasikan bahwa SBY baru saja tiba di Cikeas, Bogor, setelah melakukan perjalanan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun demikian, SBY telah memberikan doa dan restu kepada AHY melalui pesan teks. “Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN,” kata Ossy dalam keterangan singkat kepada wartawan.


Sekadar dikatahui, bahwa AHY merupakan ketua umum Partai Demokrat. Sebelumnya, Partai Demokrat di luar pemerintahan selama hampir sepuluh tahun sejak Joko Widodo menjabat sebagai presiden. Namun, belakangan ini, Demokrat memutuskan untuk bergabung dengan partai-partai pendukung Jokowi untuk mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Presiden 2024. (Haekal Attar)


Editor:

Nasional Terbaru