• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Berbagi Takjil, Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan

Berbagi Takjil, Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan
MWCNU Bayah, PAC Ansor, PAC Fatayat, Kapolsek, dan Danramil Bayah membagikan takjil kepada masyarakat. (Foto:Istimewa)
MWCNU Bayah, PAC Ansor, PAC Fatayat, Kapolsek, dan Danramil Bayah membagikan takjil kepada masyarakat. (Foto:Istimewa)

Lebak, NU Online Banten

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC) Bayah beserta Badan Otonom Nahdlatul Ulama yakni PAC Ansor dan PAC Fatayat, menyelenggarakan berbagi takjil pada hari Ahad, (24/4/2022). 

 

Kepada masyarakat Bayah yang terdiri dari para pengemudi Ojek Bayah yang tergabung dalam organisasi POBA (Persatuan Ojek Bayah), para pedagang di lingkungan pasar Bayah dan para pengendara. Mereka sangat antusias dengan program takjil tersebut. 

 

Pada bulan Ramadhan tahun ini, pihak MWC Bayah menyediakan 200 takjil. Meskipun menimbulkan keramaian lalu lintas di sepanjang jalan Raya Bayah-Malimping dan Bayah-Pelabuhan Ratu, namun pembagian takjil tersebut dapat berjalan dengan lancar dengan bantuan dari personil dari Kepolisian Sektor Bayah dan Komando Rayon Militer Bayah. 

 

“Insya Allah, kita akan memperbanyak jumlahnya tahun depan,” ungkap Ustadz Mustofa, Ketua MWCNU Bayah. 

 

Sementara, Dewan Syuriyah MWC Bayah, melalui Wakil Rais Syuriyahnya, Kiai Hadi Susiono Panduk (Gus Hadi) mengatakan, bahwa tujuan diadakannya takjil adalah ikut ngalap berkah di bulan suci Ramadan serta memperkenalkan organisasi Nahdlatul Ulama kepada masyarakat Bayah. 

 

Pihak MWC NU Bayah menggandeng Muspika Bayah dalam acara tersebut. Hadir dalam acara takjil tersebut, Kepala Kepolisian Sektor Bayah, AKP Sudibyo B. Hadi W beserta anggotanya dan Komandan Rayon Militer Bayah, Kapten Infanteri Narkillah beserta jajarannya. 

 

Kapolsek Bayah AKP Sudibyo mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan pembagian takjil yang dilakukan MWCNU Bayah kepada masyarakat. 

 

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan pembagian takjil yang dilakukan oleh MWC NU Kecamatan Bayah kepada pengguna jalan hari ini sangat baik dan perlu dicontoh oleh masyarakat yang lainnya, apalagi di bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dengan cara membaca Al-quran, infak, sedekah dan lainnya. Kami berharap hal seperti itu terus dilakukan oleh warga masyarakat terutama umat Islam.” terang AKP Sudibyo. 

 

Hal senada juga disampaikan oleh Danramil Bayah Narkillah. Ia mengapresiasi MWCNU Bayah karena menebarkan hal-hal positif kepada masyarakat. 

 

“Apresiasi setinggi-tinggi kepada jajaran MWC NU Bayah yang telah melakukan kegiatan positif yaitu pembagian takjil. Semoga dapat lagi ditingkatkan. Dan, ini merupakan contoh baik dan menginspirasi pihak-pihak lain untuk melakukan kebaikan serupa, terutama pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini." Jelas Narkillah. 

 

Secara terpisah ketika dihubungi, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lebak, Kiai Syaepudin Asy-Syadzily. 

 

Kiai Aep, sapa akrabnya, menyatakan sukacitanya terkait pembagian takjil yang dilakukan MWCNU Bayah. Meskipun sederhana, namun MWCNU Bayah sudah mencontohkan kepedulian terhadap sesamanya. 

 

“Saya sangat bahagia dan senang terkait pembagian takjil yang dilakukan oleh MWC NU Bayah beserta keluarga besar NU yang lainnya, karena pada bulan Ramadhan ini bisa berbagi, meskipun belum bisa semaksimal mungkin, tetapi ini menunjukkan kepedulian terhadap sesama, terutama sesama umat Islam, yang kebetulan sedang dalam perjalanan atau musafir yang membutuhkan takjil untuk berbuka ketika saat magrib tiba.” tutur Kiai Aep. 

 

Lebih lanjut, Kiai Aep berharap, “Jangan bosan untuk selalu berbuat baik dan jangan merasa puas dengan apa yang sudah dilakukan, kebaikan-kebaikan harus terus ditingkatkan sehingga kehadiran Nahdlatul Ulama adalah betul-betul organisasi yang menyampaikan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin yang Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdiyyah.” harapnya. 

 

Semenjak terbentuk tanggal 5 September 2021 yang lalu, MWC NU Bayah telah melakukan berbagai kegiatan termasuk pengajian kitab kuning rutin bulanan pada Ahad pertama setiap bulannya dengan kitab Fathul Muin sebagai bahan kajian oleh Gus Hadi sebagai pemantik materinya.


Editor:

Banten Raya Terbaru