• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Kekerasan Seksual Lebih Rentan Terjadi di Lingkungan Terdekat

Kekerasan Seksual Lebih Rentan Terjadi di Lingkungan Terdekat
Majelis Kemisan Lakpesdam PCNU Kota Serang digelar via daring. (Desain: Lakpesdam Kota Serang)
Majelis Kemisan Lakpesdam PCNU Kota Serang digelar via daring. (Desain: Lakpesdam Kota Serang)

Kota Serang, NU Online Banten
Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Kota Serang Akbarudin mengatakan, kekerasan seksual lebih rentan terjadi di lingkungan terdekat korban. ‘’Seperti sekolah, pertemanan, bahkan di dalam keluarga,’’ ujarnya bercerita saat menjadi keynote speech Majelis Kemisan Lakpesdam PCNU Kota Serang bertema mitigasi kekerasan seksual di lingkungan pendidikan Rabu (8/3/2023) mulai pukul 19.00 WIB via daring.


Ketika menghubungi NU Online Banten Jumat (10/3/2023), dia melanjutkan, belum ada whistle blowing yang tepat bagi para korban untuk bisa langsung direct memberikan laporan.’’Tren kekerasan seksual di era digital merupakan ancaman bagi generasi emas bangsa,’’ tegasnya.


Dia juga mengatakan, kekerasan seksual di lingkungan pendidikan adalah sebuah kejahatan amoral yang harus ditindak tegas dan dihukum seberat-seberatnya. ’’Para pelajar agar diberikan bekal pemahaman dan kemampuan membela diri dari upaya-upaya yang mengarah pada kekerasan seksual,’’ imbuhnya.


Akbarudin melanjutkan, lembaga pendidikan harus terbuka, ekslusif, dan siap untuk dikontrol oleh stakeholder sekitar. Baik dari masyarakat maupun pemerintah.


Pada Majelis Kemisan Lakpesdam PCNU Kota Serang tersebut, narasumber yang dihadirkan adalah Komisioner Komnas Perempuan Siti Aminah Tardi. ’’Selain itu, ada Wakil Ketua Lakpesdam Kota Serang Raden Imam Abdillah dengan moderator Nina Fitriyani,’’ imbuh Akbar yang menginformasikan bahwa ada Konferensi Cabang IV Nahdlatul Ulama Kota Serang Masa Khidmat 2018-2023,  Kota Serang, Sabtu (11/3/2023).


Pewarta: M Izzul Mutho


Banten Raya Terbaru