• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Banten Raya

Ketua Mabi Sako Ma’arif Tangsel: KMD Menguatkan Pengetahuan-Keterampilan Kepramukaan

Ketua Mabi Sako Ma’arif Tangsel: KMD Menguatkan Pengetahuan-Keterampilan Kepramukaan
Foto bersama di sela-sela KMD yang digelar Sako Pramuka Ma’arif NU Tangsel. (Foto: NUOB/Ade A.)
Foto bersama di sela-sela KMD yang digelar Sako Pramuka Ma’arif NU Tangsel. (Foto: NUOB/Ade A.)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Ketua Majelis Pembimbing (Mabi) Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU Tangerang Selatan H Abdullah Mas’ud mengatakan, Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) tak hanya berguna untuk silaturahim. ’’Lebih dari itu, sekaligus menguatkan pengetahuan dan keterampilan di bidang pembinaan kepramukaan. Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan mulai Jumat ini sampai selesai memberikan insight yang luar biasa,’’ ujar pria yang juga ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan itu saat sambutan pada pembukaan KMD di Gedung Pusdiklat Kementerian Agama, Tangerang Selatan, Jumat (1/12/2023).

 

Suami Ketua PP Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah itu menambahkan, atas nama PCNU Kota Tangerang Selatan sekaligus ketua Mabi Sako Ma'arif NU Tangsel mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada semua pihak, khususnya panitia. ‘’Saya kira ini kegiatan pertama di Tangsel Sako Ma'arif NU. Saat ini satu-satunya sako se-Banten dan pertama. Mudah-mudahan nanti diikuti oleh kabupaten dan kota lain di Banten,’’ harapnya.

 

Sebab, lanjut pimpinan Pondok Pesantren Al-Nahdlah Depok itu, kehadiran Sako Ma'arif NU penting untuk kepala madrasah maupun pembina.’’Hari ini disuguhkan KMD. Dan perlu diketahui, Sako Ma'arif ini bagian dari Lembaga Pendidikan Ma'arif. Dan LP Ma'arif itu bagian dari Nahdlatul Ulama. LP Ma'arif NU ini menangani pendidikan dasar sampai menengah,’’ terang pria yang kesehariannya beraktivitas di Kementerian Pemuda dan Olahraga itu.

 


Seperti diberitakan, Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif NU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Mengusung tema bergerak menuju pembina unggul dalam merawat jagat dan membangun peradaban, kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari di Gedung Pusdiklat Kementerian Agama, Tangerang Selatan, itu dibuka Jumat (1/12/2023). Setelah itu dilanjut 3 hari lagi praktik.

 


 

Hadir dalam kesempatan itu di antaranya Sekretaris PCNU Tangsel Kiai Himam Muzzahir, Wakil Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Tangsel Ja’far Shodiq, Ketua Sako Ma'arif NU Tangsel Maslu'in, dan Sekretaris Sako Ma'arif NU Tangsel Taifiqurrohman. Juga hadir Muntasir dari Lembaga Dakwah NU Tangsel, Koordinator Madrasah Amil NU Care-LAZISNU Tangsel Abdurrahman, dan Bendahara NU Online Banten Ratih Cahya Ningrum.

 


Sekadar diketahui, sebanyak 62 peserta ikut serta. Dengan rincian 36 kepala madrasah, 24 pembina, dan 2 pengurus sako. Dari jumlah tersebut, 25 laki-laki dan sisanya perempuan. (Ade Adiyansah)


Banten Raya Terbaru