• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

LP Ma’arif NU Ajak Pengurus Responsif dan Inovatif dalam Bidang Pendidikan

LP Ma’arif NU Ajak Pengurus Responsif dan Inovatif dalam Bidang Pendidikan
Seminar dan Rakerwil LP Maarfi NU Banten. (Foto: Sofwatul Ummah)
Seminar dan Rakerwil LP Maarfi NU Banten. (Foto: Sofwatul Ummah)

Kabupaten Serang, NU Online Banten

Pengurus Wilayah Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Banten menggelar Rakerwil untuk memperkuat kapasitas, ajang silaturahmi, dan merumuskan program kerja PW LP Ma’arif NU Banten.

 

Dihadiri perwakilan pengurus PC LP Maarif se-Banten, gelaran Rakerwil ini dilaksanakan di Hotel The Jayakarta Anyer, pada Kamis (10/2/2022).

 

Sebagai bagian dari gelaran Rakerwil, terlebih dahulu diselenggarakan seminar pendidikan yang dihadiri oleh para ahli di bidang pendidikan. Diantaranya Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, Sulaiman, Direktur Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama RI, Amrullah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten diwakili oleh Kepala Bidang SMK Arkani.

 

Dalam sambutan ketua pelaksana Seminar dan Rakerwil PW LP Ma’arif Banten, H Muhammad Abdul latif menyampaikan bahwa rakerwil selain ajang silaturahmi antar pengurus PC dan PW juga untuk menuangkan gagasan dalam bentuk program kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter yang berbeda-beda sesuai kebutuhan di wilayah masing-masing. Maka dari itu

 

Selanjutnya, KH Abdul Basith, ketua PW LP Ma’arif NU Banten dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus kabupaten-kota yang hadir dalam kesempatan tersebut. Selain itu, ia juga menegaskan program kerja yang akan dirumuskan diharapkan dalam bentuk program yang merespon tantangan dan kebutuhan pendidikan di era 5.0 ini.

 

Dalam pembukaan, perwakilan PWNU Banten KH Sardani menuturkan, LP Ma’arif mesti dikenal oleh seluruh warga Nahdliyyin di Banten. Juga, jangan sampai keberadaan LP Ma’arif tidak dikenal, terlebih dianggap asing oleh warga Nahdliyin di Banten. 

 

Sementara itu, Pimpinan Pusat LP Ma’arif NU KH Arifin Junaidi yang membuka Rakerwil secara resmi. Ia menegaskan bahwa rakerwil harus menghasilkan program kerja yang inovatif dan responsif sesuai kebutuhan dan kondisi pendidikan di wilayah masing-masing.

 

Selain itu, ia juga menyampaikan sisipkan ASWAJAN (Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyah) dalam setiap program kerja sesuai dengan salah satu program LP Ma’arif Pusat yaitu mempertahankan dan mengembangkan ASWAJAN. 

 

Ia juga mendorong program kerja yang akan dirumuskan mampu berinovasi, merespon tantangan zaman, tidak jumud, fokus pada penguatan literasi dan numerasi sebagai upaya menagkal hoax dan melahirkan teknologi mutakhir yang bermanfaat untuk pendidikan dan kehidupan, serta mendukung peningkatan dan pemanfaatan ICT (information, communicaton, and technology). 

 

Sebagai penutup KH Arifin Junaidi menegaskan kembali bahwa yang khas dari peta jalan pendidikan dan sistem pendidikan LP Ma’arif NU adalah penguatan paham ASWAJAN di lingkungan pendidikan. Selain itu ia juga menegaskan program kerja yang akan dirumuskan harus berlandaskan enam point berikut, yaitu mandiri, adaptif, nir laba, transformatif, afirmatif, dan professional.

 

Hal inilah yang ia sebut sebagai LP Ma’arif MANTAP, sejalan dengan peta pendidikan LP Ma’arif NU, peta pendidikan nasional, standar nasional LP Ma’arif NU, dan sejalan dengan Sistem Pendidikan Nasional.

 


Pewarta: Sofwatul Ummah
Editor: Arfan Effendi
 


Banten Raya Terbaru