• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

NU Care LAZISNU Kota Tangerang Bersama UPZIS Cipondoh dan Ciledug Salurkan Bantuan Kemanusiaan

NU Care LAZISNU Kota Tangerang Bersama UPZIS Cipondoh dan Ciledug Salurkan Bantuan Kemanusiaan
Penyaluran bantuan yang diterima oleh DKM Masjid Al Falah, Kecamatan Serang. (Foto: NU Online Banten/Arfan)
Penyaluran bantuan yang diterima oleh DKM Masjid Al Falah, Kecamatan Serang. (Foto: NU Online Banten/Arfan)

Serang, NU Online Banten

NU Care LAZISNU Kota Tangerang bersama pengurus Unit Pengumpul Zakat, Infak, dan Shodaqoh (UPZIS) Cipondoh dan Ciledug menyalurkan bantuan tahap kedua kepada warga terdampak banjir Banten, pada Sabtu (12/3/2022) siang. 

 

Bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sebesar 10 juta rupiah, bahan makanan pokok, makanan ringan, pakaian layak pakai, air mineral dan beberapa peralatan bayi. Penyaluran diterima langsung oleh DKM Masjid Al Falah, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. 

 

Ketua NU Care LAZISNU Banten Sugeng Setiadi menuturkan, satu minggu yang lalu saat tanggap bencana banjir akibat luapan sungai Cibanten, pihaknya membentuk posko darurat di Karangantu dan sudah ditutup.

 

Kini, pihaknya kembali memfasilitasi penyaluran bantuan yang diberikan dari NU Care LAZISNU Kota Tangerang, pengurus UPZIS Cipondoh dan Ciledug. 

 

"Kebetulan ini salah satu titik diantara musibah banjir yang terdampak. Ada sembilan rumah yang hanyut, dan ada satu warga yang meninggal dunia." Tutur Sugeng. 

 

Ia menyampaikan, sebelumnya NU Care LAZISNU Banten  menerima 53 bantuan jika ditotal sejumlah 260 juta yang sudah didistribusikan pada beberapa titik, salah satunya kecamatan Kasemen. Namun, di Kampung Pasar Lama kecamatan Serang ini, menjadi salah satu titik terparah karena berada di bantaran sungai Cibanten. 

 

Sementara, Sekretaris NU Care LAZISNU Kota Tangerang Achmad Zulkifli mengatakan donasi yang diberikan ini merupakan tahap kedua yang digabung sedari pengurus UPZIS Cipondoh, Ciledug, Karawaci dan Cibodas. Setelah sebelumnya terjadi bencana banjir, donasi tahap pertama yang terhimpun sudah disalurkan melalui posko yang didirikan oleh NU Care LAZISNU Banten. 

 

"Bantuan ini merupakan titipan para donatur untuk disampaikan langsung kepada warga terdampak banjir. Terima kasih kepada para donatur telah mempercayakan donasinya melalui kami," tandas Achmad Zulkifli. 

 

Hal yang senada juga disampaikan oleh Abdul Majid, Ketua UPZIS kecamatan Cipondoh. Ia menyampaikan, hasil donasi berupa uang tunai, bahan makanan, air mineral, pakaian layak, makanan ringan dan yang lainnya, merupakan hasil donatur, yayasan dan pesantren keluarga besar Nahdlatul Ulama kecamatan Cipondoh dan Ciledug. 

 

"Apapun yang disumbangkan, kita terima dengan senang hati. Karena ini menjadi bentuk amanah yang harus kita tunaikan" ujar Abdul Majid 

 

Abdul Majid menambahkan, sejak empat bulan dikukuhkan menjadi UPZIS Kecamatan Cipondoh. Mendapat respon positif, sehingga keluarga besar Nahdlatul Ulama dan donatur yang lain di Cipondoh, menyalurkan bantuan untuk korban banjir melalui pihaknya. Ia pun berterima kasih kepada para donatur atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. 

 

"Mudah-mudahan kita bisa istiqomah selalu. Semoga bantuan ini bermanfaat. Mari kita membangun lembaga yang amanah, akuntabel, dan profesional." Imbuhnya

 

Pewarta: Arfan Effendi


Editor:

Banten Raya Terbaru