• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Kamis, 26 Mei 2022

Banten Raya

PWNU Banten Sebut Kolaborasi Empat Komponen Kunci Kemajuan Bangsa

PWNU Banten Sebut Kolaborasi Empat Komponen Kunci Kemajuan Bangsa
Ketua PWNU Banten KH Bunyamin Hafidz saat menyampaikan sambutan pelantikan HPN kota Tangerang. (Foto: NU Online Banten/Arfan)
Ketua PWNU Banten KH Bunyamin Hafidz saat menyampaikan sambutan pelantikan HPN kota Tangerang. (Foto: NU Online Banten/Arfan)

Kota Tangerang, NU Online Banten

Kemajuan suatu negara setidaknya memiliki empat faktor penopang. Umaro, ulama, pengusaha dan peran masyarakat. Keempat komponen itu jika bisa bersinergi dengan baik, niscaya suatu negara akan memiliki peradaban yang maju dalam berbagai bidang.

 

Demikian disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten KH Bunyamin pada pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Tangerang masa khidmat 2022-2024, Minggu (23/2/2022) di Hotel Narita, Cipondoh.

 

“Umaro dan ulama memiliki dua sisi yang berbeda tapi bergantung satu sama lain,” ungkap Kiai Bunyamin.

 

Dua sisi itu memiliki peran yang tak bisa terpisahkan. Menurut Kiai Bunyamin, umaro yang memiliki kewenangan dalam mengatur pemerintahan. Juga, perlu untuk meminta arahan dan pandangan kepada ulama agar pemerintahan yang dijalankan oleh umaro, menjadi negara yang baldatun thoyibatun wa rabbun ghafur. Tak hanya itu, maksimalnya peran umaro dan ulama juga akan menjadikan suatu wilayah tersebut menjadi negeri Darussalam (negeri yang penuh kedamaian).

 

“Karena itu, adanya Nahdlatul Ulama untuk bersama-sama gotong royong membangun negeri,” tuturnya kepada NU Online Banten

 

Namun, dua hal tersebut juga tak bisa berperan maksimal jika tidak ditopang oleh pengusaha dan peran masyarakat. Pengusaha sebagai pihak yang mempunyai peran dalam membangun kemandirian tak bisa dianggap sebelah mata. 

 

Kiai Bunyamin menuturkan seperti peran sahabat Nabi Muhammad SAW yang membantu perjuangan dakwah Islam kala itu. Abdurrahman bin Auf dan Ustman bin Affan semisal, diantara dua sahabat Nabi yang mempunyai kemapanan ekonomi sehingga membantu dakwah dan membawa Islam semakin maju.

 

Dari hal tersebutlah, menurut Kiai Bunyamin seorang pengusaha juga harus peka terhadap lingkungannya masing-masing. Sekaligus memberikan edukasi dan pendampingan kepada warga NU, khususnya di Banten.

 

Lebih lanjut, Kiai Bunyamin bercerita dalam melakukan pengembangan NU di Banten. Kemajuan yang dirasakannya kini juga tak lepas dari peran para pengusaha dan stakeholder terkait. Seperti pada agenda yang akan ditunaikan oleh PWNU Banten kedepan, terkait pembangunan Institut Nahdlatul Ulama Banten (INUBA).

 

“Banyak yang ingin membantu dan menyumbang. Hal itu bukan karena saya, tetapi untuk kemajuan NU. Karena Banten sebagai ruhnya Nahdlatul Ulama, harus dimaksimalkan serta dibuktikan dengan kongkrit dan nyata,” pungkasnya.

 


Pewarta: Arfan Effendi
Editor: Ferdian Andi


Banten Raya Terbaru