• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Refleksi Harlah NU, Kader Pagar Nusa Diharapkan Mengedepankan Akhlak 

Refleksi Harlah NU, Kader Pagar Nusa Diharapkan Mengedepankan Akhlak 
Ketua MWCNU Ciledug Ustadz Khoiru Supyan saat menyampaikan sambutan Tasyakuran Harlah. (Foto: Arfan Effendi)
Ketua MWCNU Ciledug Ustadz Khoiru Supyan saat menyampaikan sambutan Tasyakuran Harlah. (Foto: Arfan Effendi)

Kota Tangerang, NU Online Banten

Ketua Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kota Tangerang Nurhidayat menyampaikan. Sebagai pendekar Pagar Nusa, tidak hanya ahli dalam berbagai jurus silat. Namun, yang terpenting dari seorang pendekar Pagar Nusa harus mengedepankan adab dan menanamkan ahklak santri dimanapun berada. 

 

"Akhlak jangan diringankan, ilmu yang tertinggi itu akhlak." ujarnya pada sambutan Tasyakuran Harlah Pagar Nusa dan Harlah NU ke-96 di Sekretariat Pergerakan MWCNU Kecamatan Ciledug pada Ahad, (30/1/2022) siang. 

 

Nurhidayat mengatakan pendekar hari ini tidak hanya menguasai soal jurus. Pemahaman kebangsaan juga harus diutamakan. Karena Pagar Nusa dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama selain menjaga kiai dan ulama. Kehadirannya menjadi benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

 

Disamping itu, Nurhidayat mengapresiasi pesilat Pagar Nusa yang memenangkan turnamen Nusantara Championship. Meski hanya menjadi juara umum kedua. Hal itu menjadi evaluasi bersama untuk meningkatkan prestasi lebih baik. 

 

"Jangan pernah merasa berpuas diri. Terus berusaha untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan yang ada." Tegasnya. 

 

Masih ditempat yang sama, Ketua Tanfidziyah MWCNU Ciledug Ustadz Khoiru Supyan, mengungkapkan Pagar Nusa itu bukan hanya bisa berkembang di daerah Jawa saja. Dirinya menilai, Pagar Nusa yang didirikan oleh KH Maksum, keberadaannya juga diperuntukkan seluruh Nusantara. 

 

Khoiru Supyan mengapresiasi pengkaderan yang dilakukan PC Pagar Nusa Kota Tangerang. Karena berhasil membumikan Pagar Nusa di daerah perkotaan. Sehingga banyak pengurus anak cabang asli Betawi, berani muncul untuk menggerakan organisasi yang lahir dari rahin NU ini. 

 

Kendati demikian, Khoiru Supyan mengingatkan kader Pagar Nusa tidak hanya disiplin dalam latihan silat. Sisi ruang pendalaman agama sebagai pedoman mesti diutamakan. 

 

"Jangan hanya latihan saja, mengaji dan wirid juga harus ditekankan. Adab yang harus di kedepankan. Akhlak budi pekerti mesti ditanamkan." Katanya 

 

Lebih lanjut, Khoiru Supyan menambahkan, kegiatan Tasyakuran ini menjadi salah satu rangkaian Harlah NU ke-96 yang akan dilaksanakan oleh PCNU Kota Tangerang. 

 

"Kita satu komando. Jaga adab, tanamkan akhlak. Mari kita menjaga dan mengawal Kiai." Pungkasnya.

 

Pewarta: Arfan Effendi

Editor: Ari Hardi


Editor:

Banten Raya Terbaru