• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 31 Mei 2024

Nasional

Kader NU Harus Memanfaatkan Media Sosial untuk Dakwah

Kader NU Harus Memanfaatkan Media Sosial untuk Dakwah
Seminar literasi digital digelar Lembaga Dakwah PCNU Kabupaten Serang di Aula Kantor PWNU Banten, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Rabu (3/4/2024). (Foto: PD PCNU Kabupaten Serang for NUOB)
Seminar literasi digital digelar Lembaga Dakwah PCNU Kabupaten Serang di Aula Kantor PWNU Banten, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Rabu (3/4/2024). (Foto: PD PCNU Kabupaten Serang for NUOB)

Kota Serang, NU Online Banten

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Serang Gus Muhammad Robi UZT meminta kepada kader NU memanfaatkan media sosial sebagai media dakwah untuk menyebarkan ajaran Nahdlatul Ulama.



"Seharusnya kita bisa lebih rajin berdakwah dan sharing di media sosial. Kita ajarkan persoalan tentang Nahdtaul Ulama di jejaring sosial media,’’ ujarnya saat sambutan di hadapan ratusan peserta seminar literasi digital bertajuk Lakukan Saring sebelum Sharing di Media Sosial yang digelar Lembaga Dakwah (LD) PCNU Kabupaten Serang di Aula Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Rabu (3/4/2024).


Dalam kegiatan hasil sinergi
dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), LD Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tersebut, Gus Robi—panggilan Muhammad Robi UZT—itu juga menyampaikan, peran penting Nahdliyin sebagai kekuatan organisasi keislaman terbesar di Indonesia harus bisa menjadi poin utama atas kemajuan teknologi bangsa.



"Sudah sepatutnya warga NU melek digital. Walaupun banyak yang bilang orang NU mah kebanyakan orang kampung. Tapi kita hari ini buktikan kalau kita juga tidak ketinggalan zaman. Warga NU harus melek digital," tegasnya.


Sedangkan Ketua PWNU Banten KH Bunyamin Hafidz menuturkan, NU sejatinya menjadi corak pelestari budaya, tapi jangan sampai tertinggal oleh kemajuan era teknologi. ’’Semua sudah berbasis digital, maka kita harus melek digital. Warga NU tidak boleh kudet. Tidak boleh ketinggalan info terkini. Gunakan media sosial dengan bijak dengan penuh kesopan-santunan dan jangan mudah termakan hoaks,’’ terangnya.



Ditambahkan, warga NU bisa beribadah dengan praktis dan mudah berkat kemajuan teknologi."Digital sebagai tanah yang subur, karena kita bisa mengakses segala macam, termasuk Al-Qur'an, hadist, fiqih, dan lain lain. Akan tetapi digital juga banyak mempunyai dampak negatif yang kurang bermanfaat seperti banyaknya kejahatan yang terjadi melalui media digital,’’ terang Kiai Bunyamin.


Sekretaris LD PBNU KH Nurul Badruttamam yang hadir, mengucapkan rasa bangga melihat antusiasme peserta kegiatan kali ini. "Luar biasa, saya mendengar dari panitia jumlah peserta hampir mencapai angka 500 peserta, lebih tepatnya 432 peserta yang hadir. Sampai Aula Kantor PWNU Banten ini tidak muat menampung antusiasme peserta. Saya ucapkan terima kasih," ujarnya di depan hadirin yang berasal dari perwakilan badan otonom (banom) dan lembaga di PCNU Kabupaten Serang serta Nahdliyin dan sejumlah mahasiswa dari beberapa kampus setempat.


Sedangkan Ketua LD PCNU Kabupaten Serang Budy Budiman mengatakan, kegiatan kali ini adalah upaya menyuarakan tentang pentingnya digital.
"Insyaallah setelah kegiatan ini, pada Syawal nanti LD PCNU Kabupaten Serang akan mengagendakan seleksi dai untuk wilayah Kabupaten Serang. Semoga bisa terlaksana, mohon support dan doanya,’’ pungkasnya. (Dendy Ramdan Ilahi)


Nasional Terbaru