• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Banten Raya

Gelar Mukerwil III, PWNU Banten Songsong Konferwil

Gelar Mukerwil III, PWNU Banten Songsong Konferwil
Foto bersama saat Mukerwil III PWNU Provinsi Banten, Selasa (26/12/2023) (Foto: NUOB/Dendy Ramdan Ilahi)
Foto bersama saat Mukerwil III PWNU Provinsi Banten, Selasa (26/12/2023) (Foto: NUOB/Dendy Ramdan Ilahi)

Kota Serang, NU Online Banten

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten KH Bunyamin Hafidz menyampaikan, musyawarah kerja wilayah (mukerwil) adalah kegiatan yang harus dan wajib diikuti oleh para pengurus PWNU Banten maupun para pengurus banom (badan otonom) NU.



’’Karena dari mukerwil inilah nanti program-program untuk tahun yang akan datang dirembuk bersama, saling bertukar pikiran, ide, dan gagasan agar terciptanya PWNU Banten yang semakin eksis di Banten. Bahkan di tingkat nasional,’’ ucapnya saat Mukerwil III PWNU Banten di Aula Kantor PWNU Provinsi Banten Jl Raya Jakarta-Kemang, Panancangan, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Selasa (26/12/2023).



Dijelaskan, kegiatan bertema Mewujudkan Organisasi yang Kokoh, Mandiri, dan Dicintai Umat itu adalah bentuk rasa kecintaan terhadap NU, khususnya di Banten. ’’Dengan harapan, ke depan bisa lebih berkembang. Baik dari segi kegiatan maupun infrastruktur yang hari ini sudah ada maupun yang sedang tahap pembuatan atau perancangan,’’ imbuhnya.

 


Seharusnya, lanjutnya, saat ini sudah membentuk panitia untuk Konferensi Wilayah (Konferwil) PWNU Provinsi Banten.’’Output pada kegiatan kali ini, juga sebagai salah satu rangkaian untuk mencapai kegiatan terakhir itu, Konferwil PWNU Provinsi Banten,’’ tambahnya.

 


SK PWNU Provinsi Banten terhitung sejak masa penambahan waktu kini tersisa kurang lebih 3 bulan lagi yang akan berakhir pada Maret 2024. ’’Maka semua pengurus baik lembaga ataupun banom agar mempersiapkan diri menyambut ketua dan kepengurusan PWNU Provinsi Banten, dengan cara mengikuti rangkaian mukerwil ini dan kegiatan lain nanti. Sehingga kepengurusan yang akan datang bisa mengevaluasi dan mengeksplorasi agar ke depan marwah PWNU Provinsi Banten semakin meningkat,’’ jelasnya.



Selama periode PWNU Provinsi Banten terhitung sejak 2018 sampai 2023 sudah menyeluruh terkait pembentukan lembaga atau banom-banom NU. Ada 18 lembaga dan 10 banom yang bekerja di bawah garis koordinasi PWNU Banten.



"Tidak lupa pula sudah menjalankan beberapa program kaderisasi. Program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, serta PWNU Banten sudah memiliki beberapa aset seperti hibah gedung PWNU Banten oleh Pemerintah Provinsi Banten, memiliki satu buah mobil ambulance. Dan yang terakhir baru saja diresmikan ada gedung Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. Saat ini sedang proses pembangunan Institut Nahdlatul Ulama Banten (Inuba),’’ terang pria berkacamata itu.



Kiai Bunyamin juga berharap, semua harus bersama sama menjaga apa yang sudah ada. ’’Oleh karena itu penting siapa pun yang memimpin PWNU Banten ke depan, harus memiliki visi dan misi yang selaras dengan apa yang sudah ada. Ini supaya semua bisa terkondisikan dan berjalan sesuai rencana serta bermaslahat untuk umat,’’ ungkapnya.



Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Banten Nanang Fatchurrohman. Dalam sambutan sekaligus membuka Mukerwil III PWNU Banten, dia mengatakan, inilah NU, semangat dan ghirah para kader-kader NU bisa terlihat hari ini.

 


"Saya rasa ini adalah ajang silaturahim para pengurus PWNU Banten. Semoga NU bisa terus memberikan kebermanfaatan dan bisa mencontohkan teladan yang baik kepada umat,’’ kata Nanang.



Kegiatan ini dihadiri 60 peserta yang terdiri atas PWNU Banten, beberapa ketua lembaga dan banom. Hadir di antaranya Rais Syuriah PWNU Banten KH Abdul Hakim, Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Wawan Wahyudin, serta beberapa ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Banten. (Dendy Ramdan Ilahi)


Banten Raya Terbaru