• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Banten Raya

Jalan Memprihatinkan, Ini Harapan Ansor Cihara-Cigemblong di HUT Ke-195 Lebak

Jalan Memprihatinkan, Ini Harapan Ansor Cihara-Cigemblong di HUT Ke-195 Lebak
Beginilah kondisi jalan penghubung antar-Kecamatan Cihara dan Cigemblong, Lebak. (Foto: ist)
Beginilah kondisi jalan penghubung antar-Kecamatan Cihara dan Cigemblong, Lebak. (Foto: ist)

Lebak, NU Online Banten

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cihara dan Cigemblong mendorong percepatan pembangunan jalan penghubung antara Kecamatan Cihara-Cigemblong, Lebak, Banten. Sebab, saat ini kondisinya rusak. Status jalan disebut milik Pemerintah Kabupaten Lebak yang merupakan penghubung antardua kecamatan tersebut.



Ketua PAC GP Ansor Cihara Dede Ilyana mengatakan, melalui momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-195 Kabupaten Lebak, dirinya menyampaikan bahwa hingga saat ini masih terdapat infrastruktur jalan yang kondisinya memprihatinkan dan membutuhkan perhatian khusus.

 


"Apalagi jalan ini dijadikan jalan utama bagi masyarakat Citepuseun dan Cikaret. Ini bisa dikatakan kado HUT ke-195 Kabupaten Lebak," kata dia saat diwawancara NU Online Banten, di Cihara, Sabtu (2/12/2023).



Menurutnya, jika melihat usia Kabupaten Lebak saat ini yang notabene sudah tua, maka seharusnya pembangunan infrastruktur jalan di Bumi Multatuli ini pun sudah mulus dan merata. Apalagi ketika berbicara jalan penghubung antarkecamatan, yang menjadi penopang perekonomian masyarakat dan tempat tinggal.



’’Jika diperbaiki, maka saya meyakini masyarakat akan merasakan asas manfaatnya dari pembangunan tersebut. Jalan ini kan satu-satunya yang dijadikan akses masyarakat untuk pergi ke pasar, sekolah, puskesmas dan mencari nafkah," ujar alumnus Universitas Setia Budhi Rangkasbitung itu.

 


Senada disampaikan Ketua PAC GP Ansor Cigemblong Darjat. Mewakili pemuda dan masyarakat Cigemblong, dia mendorong kepada pemerintah agar segera memperbaiki infrastruktur jalan penghubung dua kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak itu. "Saya rasa ini harus segera direspons sama pemerintah jangan dibiarkan," tegasnya.



Terpisah, Sekretaris Desa Citepuseun Sangsang juga berharap, jalan penghubung antara Kecamatan Cihara dan Cigemblong segera mendapat perhatian dari pemerintah daerah atau yang punya kewenangan atas jalan tersebut. Apalagi setiap datang musim hujan, jalan sepanjang 6 km yang ada di Citepuseun itu sangat licin. Lebih-lebih kondisi sekarang ini hanya tinggal tanah merah.



"Kami selaku Pemerintah Desa Citepuseun setiap tahun selalu mengusulkan di Musrenbang Desa, bahkan menjadi prioritas saat Musrenbang di tingkat kecamatan juga. Tapi sampai akhir 2023 ini belum juga tersentuh pembangunan," tambahnya.



NU Online Banten sudah menghubungi Kabid Bina Marga Dinas PUPR Lebak Hamdan Soleh. Hanya, hingga berita ini diunggah, belum memberikan keterangan. Sekadar diketahui, hari ini, Sabtu (2/12/2023) merupakan HUT ke-195 Kabupaten Lebak, dengan mengusung tema bersatu untuk Lebak lebih maju. (Mursyid Arifin)


Banten Raya Terbaru