• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Senin, 17 Juni 2024

Banten Raya

Pergunu Kota Tangerang dan STAI Binamadani Jajaki Kerjasama

Pergunu Kota Tangerang dan STAI Binamadani Jajaki Kerjasama
Jajaran PERGUNU Kota Tangerang dengan STAI Binamadani. (NUOB/Arfan)
Jajaran PERGUNU Kota Tangerang dengan STAI Binamadani. (NUOB/Arfan)

Kota Tangerang, NU Online Banten
Pimpinan Cabang (PC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Kota Tangerang melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Binamadani, Rabu, (29/5/2024). Kunjungan tersebtu dilakukan untuk melakukan penjajakan kerjasama dalam bidang pendidikan dengan beberapa lembaga pendidikan perguruan tinggi.


Ketua PC Pergunu Kota Tangerang, Dr Yana Karyana mengatakan, pihaknya berkomitmen membangun kerjasama dengan beberapa pihak, untuk meningkatkan sumberdaya manusia NU di Kota Tangerang dalam bidang pendidikan. Membangun generasi yang memiliki kapasitas dan bersaing, guna menyongsong generasi Indonesia emas.


"Kerjasama dilakukan dalam rangka meningkatkan SDM warga NU dan kader Pergunu hingga ke depan dapat bersaing dan ikut peran serta mendesain indonesia emas 2045,” ungkapnya.


Saat ini, Dr Yana menyampaikan, Pergunu kota Tangerang sedang membantu penguatan kapasitas guru-guru madrasah, sekolah umum, dan guru di pondok pesantren. Selain itu, mengakomodir kebutuhan kader Pergunu untuk menunjang kebutuhan pendidikan perguruan tinggi. 
 

“Saat ini, kami sedang membantu dann mengakomodir para guru madrasah, sekolah umum dan para pengajar pondok pesantren agar turut serta dalam pengembangan, penguatan, dan peningkatan kapasitas diri dalam bidang pendidikan,” terang Dr. Yana.


Ia berharap, penjajakan kerjasama dengan Binamadani bisa melahirkan tenaga pengajar yang berkompeten. Memiliki dan menjadi guru yang bisa membangun. Serta mendesain generasi muda mendatang untuk menjadikan Indonesia emas pada 2045 mendatang.
 

“Guru memiliki peranan dalam membangun generasi Indonesia emas, melakukan upaya untuk menciptakan generasi unggul, sehingga bonus demografi itu bisa dimanfaatkan dengan sangat baik,” pungkas Dr Yana.


Ia menyampaikan, bahwa saat ini guru memiliki tantangan yang sangat besar. Ditengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Guru-guru yang ada saat ini harus melakukan adaptasi, inovasi, dan modifikasi dalam pengajaran. Sehingga murid-murid bisa dengan senang menjalani proses belajar.


“Tantangan guru saat ini sangat besar, dan itu menjadi salah satu upaya kami untuk mengembangkan inovasi dalam proses belajar untuk murid,” tandasnya.


Kendati demikian, Ketua STAI Binamadani Dr. Ahmad Suja’i menyebut, bahwa kunjungan ini merupakan langkah yang baik. Dan merupakan jembatan dalam meratakan Pendidikan Tinggi di seluruh elemen masyarakat khususnya pada Kader Pergunu.
 

Ia berharap, agar penjajakan kerja sama ini menghasilkan langkah kesepahaman antar dua Institusi agar nantinya dapat tercapai Kerja sama yang dapat terjalin dalam rangka meningkatkan mutu serta kualitas para guru yang mampu lebih bersaing dalam menghadapi tantangan modernisasi.


Banten Raya Terbaru