• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Banten Raya

Walkot Buka MTQ XIV, Ada Kategori Khusus ASN hingga Lansia

Walkot Buka MTQ XIV, Ada Kategori Khusus ASN hingga Lansia
Suguhan pembukaan MTQ XIV Tangerang Selatan. (Foto: Screen Shoot Istimewa)
Suguhan pembukaan MTQ XIV Tangerang Selatan. (Foto: Screen Shoot Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Banten
Gong Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV sudah ditabuh. Kegiatan yang berlangsung 8-11 Februari 2023 itu dibuka oleh Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie di halaman Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Rabu (8/2/2023) malam. Sekadar diketahui, sejak pandemi Covid-19, MTQ, atau sekitar dua tahun, tidak digelar.


Sebanyak sekitar 170 lebih peserta dari 7 kafilah kecamatan ikut ambil bagian. Termasuk Pamulang sebagai juara umum MTQ Tangsel sebelumnya. Yang cukup menarik, kali ini ada kategori Tilawatil Qur'an khusus ASN (Aparatur Sipil Negara) dan lansia usia lebih dari 60 tahun. ‘’Persaingan terlihat ketat,’’ ujar Hasan Asari Ora Mahi, penanggung jawab Kafilah Ciputat Timur, kepada NU Online Banten, Kamis (9/2/2023)


Dewan hakim musabaqah atau lomba di antaranya KH Ahmad Tholaby Harlie, KH Sobron Zayyan, KH Dimyati Sajari, KH Ahmad Syarif Hidayat, dan KH Abdul Rojak. ’’DIharapkan peserta tampil percaya diri dalam membela kecamatannya yang sudah diamanahkan kepada peserta. Untuk warga Tangsel semoga dapat hadir untuk menikmati lantunan-lantunan ayat Al-Qur'an yang dibaca para peserta,’’ imbuhnya


Sekadar diketahui, dI antara lomba yang digelar saat MTQ XIV Tangsel adalah hifdzil Qur'an, qira'atul kutub, kaligrafi, tartil dan tilawah, serta ada tartil khusus disabilitas. ’’Harapannya, Al-Qur’an bisa hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai pedoman dan landasan hidup,’’ jelasnya.


Selain itu, agar masyarakat lebih mengenal dan mendalami arti pedoman dan firman Allah. ’’Bukan hanya sekadar membaca namun juga dapat memahami isi kandungannya juga dapat mengamalkan ajarannya. Al-Qu’ran dapat memberikan informasi terkini dan nanti, dan dapat beradaptasi sesuai dengan perkembangannya,’’ terangnya. 


Pewarta: Ahmad Jamaludin


Banten Raya Terbaru