• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Kamis, 26 Mei 2022

Jatim

Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa dan Syekher Mania Karangbinangun: Bagikan Ratusan Takjil untuk Pengguna Jalan

Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa dan Syekher Mania Karangbinangun: Bagikan Ratusan Takjil untuk Pengguna Jalan
Sumber gambar: NU Online
Sumber gambar: NU Online

Lamongan, NU Online Jatim

 

Ahbaabul Musthofa Karangbinangun, Provinsi Jawa Timur  turut memeriahkan suasana bulan Ramadan melalui kegiatan berbagi takjil gratis kepada masyarakat Karangbinangun, Lamongan pada Sabtu (30/04/2022) sore.

 

Di penghujung bulan Ramadan tahun ini, banyak orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dan berbagi terhadap sesama baik personal maupun kelompok. Tidak terkecuali majelis sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun.

 

Napak tilas perjuangan pimpinan besar Ahbaabul Musthofa Habib Syech bin Abdul Qodir bin Abdurrahman Assegaf nampaknya menjadi pedoman bagi Ahbaabul Musthofa cabang Karangbinangun agar selalu berada di tengah-tengah masyarakat.

 

Zidni Al-Mushoddiq selaku ketua dua, tim pengembang, sekaligus manajer Ahbaabul Musthofa Karangbinangun menuturkan bahwa “Kegiatan berbagi ta’jil ini sudah berlangsung selama tiga kali dalam tiga tahun ini. Kami terinspirasi dari perjuangan Habib Syech pada saat sebelum terbentuknya Ahbaabul Musthofa, setiap Bulan Ramadhan beliau selalu melakukan kegiatan berbagi tajkil dari masjid ke masjid. Dengan adanya massa yang cukup banyak, tentunya banyak ruang terbuka bagi kami untuk masuk ke masyarakat antara lain berbagi takjil di pinggir jalan dengan diiringi lantunan sholawat oleh group sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun.” Tutur Zidni.

 

Di sepanjang dua puluh meter jalan karangbinangun nampak padat para pengguna jalan bergantian melewati jalan dengan pemandangan yang penuh dengan keceriaan tanpa adanya keributan, tim sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun beserta Syekher Mania (sebutan bagi pecinta sholawat, red) turun ke jalan membagikan takjil kepada pengguna jalan yang sedang melintas.

 

“Alhamdulillah atas partisipasi dari teman-teman Syecher Mania dapat terselenggara kegiatan berbagi takjil pada sore hari ini, dengan berbekal donasi dari teman-teman pecinta sholawat dan juga dari tim Ahbaabul Musthofa Karangbinangun sendiri. Tahun ini kami dapat medistribusikan sebanyak 300 box takjil, tentunya ini ada peningkatan dari tahun sebelumna.” Tutup Zidni.

 

Di waktu yang berbeda, ketua Tanfidziah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) sekaligus sesepuh di Desa Karangbinangun, Kiai Ali Arifin turut memberikan tanggapan dan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan berbagi takjil yang diinisiasi oleh Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun.

 

“Kami sangat mengapresiai setiap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun antara lain berbagi takjil dengan diiringi lantunan sholawat seperti pada sore hari ini. Selama kegiatan tersebut bersifat positif dan nilai kemanfaatanya terasa bagi banyak orang, maka kami selaku orang tua akan selalu memberikan dukungan.” Tutur kiai Ali.

 

Selain itu, Kiai Ali juga menyampaikan harapan untuk para anggota Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa dapat menjadi teladan bagi para penggemarnya yang mayoritas adalah para remaja.  Hal ini karena muatan-muatan religius yang disyiarkan oleh Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun. Semoga dapat berdampak positif, tambah Kiai Ali.

 

“Saya melihat anak-anak muda sekarang ini membutuhkan sosok yang dapat dijadikan percontohan dan menginspirasi. Harapan saya anggota Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa dapat menjadi teladan bagi generasi muda saat ini agar semakin mencintai sholawat. Dan, kalau sudah cinta terhadap sholawat, Allah akan memperbaiki akhlaknya dan sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw., mereka yang bersholawat kepadaku maka akan aku beri naungan syafaat besok di hari kiamat.” Pungkas Kiai Ali.

 

Kegiatan Berbagi takjil ini oleh tim Majelis Sholawat Ahbaabul Musthofa Karangbinangun, Pengurus Tanfidziyah PRNU Karangbinangun, IPNU dan IPPNU Karangbinangun dan Syecher Mania (pecinta sholawat) dengan tetap mematuhi Protocol Kesehatan pada masa Pandemi Covid-19. Sementara, penerima maniata kegiatan berbagi takjil ini dirasakan oleh ratusan pengguna jalan setempat.

 

Kontributor: Qomaruddin Hidayat, M.Pd
Editor: Sofwatul Ummah


Jatim Terbaru