• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 26 September 2022

Banten Raya

Bersama Kemenpora RI, PCNU Tangsel Bekali Literasi Kepemimpinan Rumah Tangga bagi Pemuda

Bersama Kemenpora RI, PCNU Tangsel Bekali Literasi Kepemimpinan Rumah Tangga bagi Pemuda
Keluarga Besar NU Tangerang Selatan. (Foto: Istimewa)
Keluarga Besar NU Tangerang Selatan. (Foto: Istimewa)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bersama PCNU Kota Tangerang Selatan menggelar pelatihan kepemimpinan pemuda dalam Rumah Tangga, Hotel Aston Radio Dalam, Jakarta, (21/9/2022).

 

Ketua PCNU Tangerang Selatan KH Abdullah Mas'ud, menyebut masih banyaknya kasus perceraian di Indonesia membuat PCNU Kota Tangerang Selatan tergugah untuk membekali literasi para pemuda guna mengarungi kehidupan rumah tangga.

 

Sementara itu Dr Mustadin Tagala, Asdep Kepemimpinan dan kepeloporan Kemenpora RI menyampaikan, esensi pendidikan kepemimpinan bukan hanya pada ranah publik dan individu, namun yang lebih penting lagi pada ranah rumah tangga.

 

"Pelatihan ini bagian dari prioritas program Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga) sebagai tanggung jawab untuk membekali literasi para remaja menuju ranah rumah tangga," Imbuh Ketua Lakpesdam Tangsel.

 

Mustadin menyebut, munculnya beberapa persoalan di rumah tangga pertama, masih adanya kasus penyelewengan pernikahan karena tidak sesuai syariat Islam.

 

Kedua, faktor minimnya kemampuan keuangan yang menjadi persoalan di dalam keluarga sehingga membebani pribadi pemuda dan keluarga.

 

Ketiga dan keempat, tidak kalah pentingnya juga literasi tentang kesehatan reproduksi dan dinamika psikologi perkawinan.

 

"Terakhir, perihal pengetahuan dan pemahaman akan pengasuhan anak (urgensi pendidikan anak & kebutuhan anak)," ungkap Mustadin.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kiai Himam Muzzahir Sekretaris PCNU Tangerang Selatan dan Imam Baihaqi Wakil Sekretaris PCNU Tangerang Selatan, Kiai Kholid Yahya Katib Syuriah PCNU Tangerang Selatan, Gus Ahmad Andi Wibowo Wakil Ketua PCNU Kota Tangerang Selatan bidang Kaderisasi dan Organisasi, Surotul Ilmiyah LKNU Tangsel, Badan Otonom NU Tangsel (Rijalul Ansor, Pergunu, IPNU, IPPNU, Kopri PMII, Pagar Nusa, Fatayat, Muslimat, dan ISNU).

 

Kontributor: Singgih Aji Purnomo


Banten Raya Terbaru