• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Sabtu, 20 April 2024

Banten Raya

Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama Sudah di Banten

Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama Sudah di Banten
Sosialisasi GKMNU dan arahan pembentukan satuan tugas GKMNU provinsi dan kabupaten/kota di Kota Serang, Banten. (Foto: NUOB/Dendi R)
Sosialisasi GKMNU dan arahan pembentukan satuan tugas GKMNU provinsi dan kabupaten/kota di Kota Serang, Banten. (Foto: NUOB/Dendi R)

Kota Serang, NU Online Banten

Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU) kini sampai di Banten. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Satuan Tugas Nasional GKMNU menggelar sosialisasi GKMNU dan arahan pembentukan satuan tugas GKMNU provinsi dan satuan tugas GKMNU kabupaten/kota di Horison Training Center Universitas Pendidikan Indonesia Serang, Kota Serang, Banten. Kegiatan yang berlangsung dua hari itu dimulai Rabu (29/11/2023) siang.



Dalam sambutannya, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf mengatakan, kegiatan yang digelar tersebut merupakan sinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag). PBNU memang bekerja sama dengan banyak kementerian. Apalagi, hasil survei mengatakan, jumlah warga NU di Indonesia mencapai 56,9 persen.

Kiranya dirasa penting bagi pemerintah untuk memasifkan program program kemasyarakatan dengan bekerja sama dengan NU.’’Belum lagi sekarang, mereka yang tiba-tiba mengaku dirinya NU,’’ ujarnya dengan nada guyon.



Ditambahkan, GKMNU sudah berjalan di beberapa provinsi di Indonesia. Di antaranya Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Sekarang Banten. ’’Berharap semua unsur struktural NU harus terlibat di dalamnya agar program ini bisa tersalurkan secara tepat sasaran dan akuntabel, maka pembentukan satuan tugas ini harus dibuat secepat mungkin supaya bisa langsung terjun dan mengeksekusi program kemaslahatan keluarga agar NU bisa berkhidmat untuk negara dan umat,’’ terangnya.



Selain Gus Yahya—sapaan KH Yahya Cholil Staquf--, hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni, Ketua PBNU sekaligus Wakil Ketua GKMNU Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten KH Abdul Hakim, Ketua PWNU Banten Bunyamin Hafidz, Sekretaris PWNU Banten KH Amasy Tajudin, dan sejumlah jajaran PWNU Banten lainnya. Juga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) di Banten. Di antara yang terlihat, Ketua PCNU Tangerang Selatan H Abdull Mas’ud dan Ketua PCNU Kabupaten Serang H Muhammad Robi UZT.



Ada juga Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman beserta jajarannya, dan pejabat Kemenag kota/kabupaten di Banten, termasuk kepala KUA.



Tampak juga Ketua PW GP Ansor Banten Ahmad Nuri beserta jajarannya dan pengurus PC Ansor di Banten. Unsur lainya adalah Muslimat NU, Fatayat NU, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU), dan tamu undangan lainnya.

 


Setelah acara dibuka, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyampaikan sambutan. Disusul oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan ditutup dengan doa yang dipimpin KH Abdul Hakim. Setelah itu dilanjut sesi lainnya. (C1-KAS)


Banten Raya Terbaru