• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Lantik ISNU Kota Serang, Ketum PP ISNU Sampaikan Peran Penting Cegah Ekstremisme

Lantik ISNU Kota Serang, Ketum PP ISNU Sampaikan Peran Penting Cegah Ekstremisme
Pelantikan ISNU Kota Serang
Pelantikan ISNU Kota Serang

Kota Serang, NU Online Banten

Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) H Ali Masykur Musa, sukses melantik PC ISNU Kota Serang, bertempat di Aula Rektorat UIN Banten, Kota Serang, Selasa (7/6/22).

 

Ketum PP ISNU, menyampaikan kepada NU Online Banten bahwa menurutnya pelantikan ISNU Kota Serang tersebut menjadi penting, lantaran untuk mempercepat mereduksi pemikiran-pemikiran ekstremisme.

 

"Banyak kelompok di masyarakat yang ingin mengganti ideologi bangsa, nah, adanya ISNU untuk menghilangkan pemikiran yang hendak mengganti paham yang tidak sejalan," tuturnya kepada NU Online Banten.

 

"ISNU mempunyai peranan yang sangat tinggi, mempunyai komitmen untuk mempertahankan negara Panca Sila," jelasnya.

 

Ia mengatakan kepada ISNU Kota Serang, bahwa pelantikan tersebut di arahkan kepada pemikir Islam di lingkungan NU untuk membangun bangsa Indonesia yang mengedepankan aspek kebersamaan.

 

"Jadi tidak boleh ada satu kehidupan yang terjadi disparitas," lanjut Ketum.

 

Merespon arahan dari Ketum PP ISNU, Ketua PC ISNU Kota Serang, Nurdin menyampaikan bahwa ISNU Kota Serang berusaha meminimalisir gerakan ekstremisme di wilayah kota Serang khususnya di Kampus.

 

"Kita akan bekerja sama dengan organisasi kemahasiswaan, seperti PMII, IPNU, selain itu kita pun komunikasi dengan rektor yang ada di Kota Serang, dengan Rektor UIN Banten, semoga komunikasi ini bisa membantu dan bersama-sama kita hilangkan gerakan Ekstremisme itu," ujarnya.

 

Sekertaris PC ISNU Kota Serang, Indra Irawan menambahkan bahwa ISNU Kota Serang juga berencana membangun kerja sama dengan pemangku kebijakan di seluruh stakeholder Kota Serang. Guna membuat regulasi terkait pendirian sekolah swasta yang jelas.

 

"Regulasi ini untuk bagaimana sekolah-sekolah tidak gampang didirikan di Kota Serang, harus dibuat regulasi khusus, baik itu dari kurikulum yang jelas, yang nantinya tidak berdampak paham-paham radikalis, di sekolah atau pun di perguruan tinggi," sambungnya.

 

Di perguruan tinggi pun, kata Indra, ISNU kota Serang harus mampu memproteksi kerja sama dengan pihak kampus, untuk membuat regulasi itu, begitupun dengan organisasi harus di saring kembali.

 

"Karna kekhawatirannya jika tidak di regulasikan dan terbuka, maka organisasi yang bergerak di ekstrimisme tertampung," tutupnya.

 

Diketahui, dalam acara tersebut turut di hadiri oleh Ketua PP ISNU KH Ali Masykur Musa, A'wan PBNU KH Matin Syarqowi, Ketua PW ISNU Banten KH Bazari Syam, dan tamu undangan lainnya.

 

Kontributor: Taufik Hidayatullah


Banten Raya Terbaru