• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

ISNU Kota Serang Sowan Ketua PCNU, Ini Harapan dan Pesannya

ISNU Kota Serang Sowan Ketua PCNU, Ini Harapan dan Pesannya
Isnu Kota Serang sowan KH Matin Syarkowi. (Foto: Taufik Hidayatullah At-Tanari)
Isnu Kota Serang sowan KH Matin Syarkowi. (Foto: Taufik Hidayatullah At-Tanari)

Kota Serang, NU Online Banten

Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) merupakan salah satu badan otonom di Nahdlatul Ulama yang diisi oleh kader lulusan perguruan tinggi. Berbicara ISNU sudah pasti menjadi kepanjangan tangan dari Nahdlatul Ulama sebagai rumah besar yang didalamnya diisi kader-kader intelektual.

 

“Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama sebagai Badan Otonom Nahdlatul Ulama harus dijabarkan yang manhaj dan ideologinya kepada Islam Ahlussunnah wal Jama’ah”. Ujar Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Serang KH Matin Syarkowi, 

 

Pada agenda Silaturrahim ISNU Kota Serang kepada PCNU Kota Serang, acara dilaksanakan di Kebun Kebangsaan, Walantaka, Kota Serang, pada Jum’at (18/02/22) sore.

 

Lebih lanjut, Kiai Matin menyampaikan keadaan sosial, budaya, politik, ekonomi melihat zaman yang begitu dinamis. Perubahan zaman selalu berubah sesuai dengan tantangannya. Memaknai dan memahami perubahan itu tidak secara total, akan tetapi harus dilihat ‘illat-nya sehingga sebagai kader intelektual peranan ISNU tidak bisa dirubah terutama soal ideolgi Islam Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdliyyah.

 

“Kontektualisasi Aswaja tentu tidak lepas dari sumbernya yakni al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber primer, misalnya soal ekonomi, politik, budaya, sosial dan lainnya muara tetap pada Ideologi Islam Ahlussunah wal Jam’aah an-Nahdliyyah itu soal ruh organisasi yang menjadi prioritas utama bahwa Antum a’lamu bi umur al-duniakum kalian lebih mengetahui persoalan dunia kalian” terang Kiai Matin.

 

Kiai Matin berharap, ISNU Kota Serang harus sudah selesai memahami AD/ART apapun gerakannya. Harakah yang akan dibangun muaranya tetap kepada Aswaja. Sebagai kader Nahdlatul Ulama, Kiai Matin berpesan akan hampa berorganisasi jikalau tidak memiliki pijakan. 

 

“Seperti halnya kita hidup untuk makan. kalau hanya seperti itu akan stagnan, hal demikian hanya untuk dikuatkan. Bahwa ruhnya ialah menghidupkan ruh organisasi NU yang ideologi sudah jelas yaitu Aswaja seutuhnya itu harus ditanamkan pada diri kita.” Imbuhnya

 

Kendati demikian, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Serang Nurdin. Ia mempersilahkan kepada seluruh kepengurusan ISNU Kota Serang untuk berkreasi. Namun Nurdin mengingatkan untuk tidak lupa kepada wadah perjuangan yaitu Nahdlatul Ulama sebagai rumah besarnya.

 

Tantangan dan Kontribusi Nyata

 

Nurdin menguraikan, tantangan kedepan sebagai calon pengurus ISNU Kota Serang harus memberikan kontribusi nyata terhadap gerakan-gerakan Islam Aswaja, khususnya Kota Serang. Secara umum, Nurdin mengamati, di Provinsi Banten ini, bahwa Nahdlatul Ulama tidak hanya sebagai kendaraan, akan tetapi NU dijadikan sebagai ruh perjuangan yang sejati.

 

“Harapan saya kedepan, kita yang hari ini berproses ditubuh ISNU pasca itu yakni purnabakti mengabdikan dirinya di kepengurusan Nahdlatul Ulama. Memberikan asas kebermanfaatan terhadap masyarakat secara umum, bagaimana mengekspansikan Islam Aswaja an-Nahdliyyah secara total dan kaffah,” Harap Nurdin

 

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Tata Kelola Organisasi dan Kaderisasi PC ISNU Kota Serang Achmad Iqbal Arrojaby mengatakan agenda silaturahim ini sebagai penguatan, berhubung ISNU Kota Serang terhitung perdana. Maka dibutuhkan banyak masukan daripada pendahulu.

 

Karena, menurut Achmad Iqbal, masukan tersebut bisa dijadikan sebagai acuan dan charging spirit dalam mengarungi kepengurusan ISNU.

 

“Kita butuh yang settled agar tahan segala disegala cuaca, mengingat sebentar lagi akan mengahdapi momentum politik yang mau tidak mau pasti akan mempengaruhi arah gerak organisasi. Nah, untuk mengimbangi itu harus ada charging spirit supaya on the track di tubuh ISNU Kota Serang.” ujarnya

 

Kendati begitu, Iqbal berharap, kepengurusan ISNU Kota Serang yang baru bisa bermanfaat, baik untuk kepengurusan ISNU sendiri maupun untuk kepentingan umum dalam menggaungkan panji-panji Islam Ahlussunnah wal Jam’ah.

 

Kontributor: Taufik Hidayat at-Tanari
 


Banten Raya Terbaru