• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Kamis, 18 April 2024

Banten Raya

LAZISNU Kabupaten Serang Distribusikan Air Bersih di Sejumlah Titik Kekeringan

LAZISNU Kabupaten Serang Distribusikan Air Bersih di Sejumlah Titik Kekeringan
Distribusi air bersih dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Serang di sejumlah titik di Tirtayasa. (LAZISNU Kabupaten Serang for NUOB)
Distribusi air bersih dilakukan oleh LAZISNU Kabupaten Serang di sejumlah titik di Tirtayasa. (LAZISNU Kabupaten Serang for NUOB)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Dampak kemarau yang menyebabkan kurangnya air bersih terjadi di sejumlah daerah di Indonesia. Di Banten, misalnya. Saat ini kekeringan terjadi di sejumlah titik di  Kabupaten Serang. Tirtayasa disebut termasuk daerah terparah. Sejumlah desa di kecamatan tersebut disebut mengalami krisis air bersih.

 


’’Warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih yang mengharuskan mencarinya ke wilayah yang cukup jauh. Sumber air di desa, mulai sumur, sungai, hingga saluran irigasi telah mongering,’’ ujar Ketua Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Serang Ahmad Edwar kepada NU Online Banten, Sabtu (9/9/2023) malam.

 


Melihat kondisi itu dan untuk mengurangi beban kekeringan, LAZISNU Kabupaten Serang, Sabtu (9/9/2023) membantu warga dengan menyalurkan air bersih. ’’Kami telah mendistribusikan bantuan 24 ribu liter air bersih untuk warga di beberapa wilayah di Tirtayasa. Termasuk di pondok pesantren. Masih bayak permintaan dari desa-desa lain yang belum mendapatkan bantuan air bersih. Dari LAZISNU Kabupaten Serang insyaallah terus berusaha mengurangi beban warga yang kekeringan air,’’ ujarnya.

 


Pada kesempatan tersebut, lanjutnya, salah seorang tokok masyrakat Tirtayasa, H Wahid, mengucapkan terima kasih kepada LAZISNU PCNU Kabupaten Serang yang sudah membantu memberikan air bersih kepada warga dan pondok pesantren.

 


’’Target bantuan yang kami distribusikan 120 ribu liter air. Tadi (Sabtu) baru tercapai 24 ribu liter. Senin nanti ke Kecamatan Kibin. Air kami ambil dari Baros. Kegiatan LAZISNU ini hasil dari donasi dan Koin NU,’’ imbuhnya. (M Izzul Mutho)


Banten Raya Terbaru