• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 31 Mei 2024

Banten Raya

Lembaga Falakiyah PCNU Tangsel Melihat Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah

Lembaga Falakiyah PCNU Tangsel Melihat Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah
Rukyatul hilal yang digawangi LF PCNU Tangsel di Rooftop Lantai 14, Menara Masjid Al I’tishom, Tangerang Selatan, Selasa (9/4/2024). (Foto: LF PCNU Tangsel for NUOB)
Rukyatul hilal yang digawangi LF PCNU Tangsel di Rooftop Lantai 14, Menara Masjid Al I’tishom, Tangerang Selatan, Selasa (9/4/2024). (Foto: LF PCNU Tangsel for NUOB)

Tangerang Selatan, NU Online Banten

Tim Rukyatul Hilal yang dikomandoi Lembaga Falakiyah (LF) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil melihat hilal 1 Syawal 1445 Hijriah dari Rooftop Lantai 14, Menara Masjid Al I’tishom, Kompleks Pemerintah Kota Tangsel, Selasa (9/4/2024).’’Hasilnya, alhamdulillah LF PCNU Tangerang Selatan dapat melihat hilal. Yang melihat hilal Mohamad Ramdhany, ketua Lembaga Falakiyah PCNU Tangsel,’’ ujar Ketua Lembaga Falakiyah PCNU Tangerang Selatan Mohamad Ramdhany dihubungi NUOB, Selasa (9/4/2024) petang.



Dia menjelaskan, durasi melihat hilal tidak berlangsung lama. Sekitar di bawah 1 menit karena menggunakan mata telanjang.’’Insyaallah besok (Rabu, 10 April 2024) Lebaran, tapi tetap menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan oleh pemerintah,’’ imbuhnya.

 


Sedangkan Ketua PCNU Tangsel H Abdullah Mas’ud yang ikut membersamai kegiatan tersebut mengatakan, tim yang digawangi Lembaga Falakiyah PCNU Tangsel kembali melakukan rukyatul hilal yang kedua di Lantai 14 Menara Masjid Al-I’tishom. Sebelumnya pada akhir Sya’ban lalu.’’Beberapa anggota tim yang ditugaskan ada yang berhasil melihat hilal meski dalam waktu tidak terlalu lama. Cepat sekali. Ini saya kira sejarah rukyatul hilal di PCNU Tangsel, pertama tim dapat melihat hilal di Tangsel. Mudah-mudahan menjadi kontribusi Tangsel untuk bersama-sama berperan melakukan upaya penentuan 1 Syawal 1445 H,’’ terangnya seperti dalam rekaman yang diterima NUOB.



Dia juga tak lupa menyampaikan atas nama PCNU Tangsel mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.’’Mohon maaf lahir batin,’’ pinta suami dari Ketua Pimpinan Pusat Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah itu.

 


Dalam kesempatan itu, Ramdhany juga menjelaskan, ada 20 orang yang kali ini mengikuti kegiatan rukyatul hilal bersama LF PCNU Tangsel. Selain dari PCNU Tangsel dan PF PCNU Tangsel, dari Lembaga Dakwah PCNU Tangsel, Lembaga Bahtsul Masail PCNU Tangsel, Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh PCNU Tangsel, perwakilan DKM Masjid Al I’tishom, dan beberapa jamaah.’’Sekali lagi LF PCNU Tangerang Selatan mencetak sejarah dapat melihat hilal 1 Syawal 1445 H. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Mohon maaf lahir dan batin,’’ ungkapnya. (M Izzul Mutho)


Banten Raya Terbaru