• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Rabu, 30 November 2022

Banten Raya

PMII Rayon Filkom UNIBA Adakan Mapaba, Kader Diharapkan Memahami Realitas Sosial

PMII Rayon Filkom UNIBA Adakan Mapaba, Kader Diharapkan Memahami Realitas Sosial
Kegiatan Kaderisasi PMII Rayon Filkom UNIBA. (Foto:Istimewa).
Kegiatan Kaderisasi PMII Rayon Filkom UNIBA. (Foto:Istimewa).

Kota Serang, NU Online Banten

Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Bina Bangsa (UNIBA) menggelar kaderisasi tingkat pertama yang diikuti oleh 27 peserta. 

 

Digelar selama tiga hari pada Jumat-Ahad, (28-30/10/2022) yang bertempat di Aula SMK Negeri 2 Kota Serang. Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) angkatan pertama ini mengusung tajuk 'Menyiapkan Generasi Baru yang Berfikir Moderat dan Merekonstruksi Pemikiran Dogmatis'. 

 

Ketua Panitia Masa MAPABA Angkatan Pertama Agus Sunardi mengatakan alasan mengusung tema tersebut adalah supaya regenerasi mampu membaca dan memahami realitas sosial yang terjadi.

 

"Tidak gegabah ataupun ceroboh dan selalu mempertimbangkan segala sesuatu termasuk kebaikan dan keburukannya," ungkap Agus. 

 

Dikatakan Agus, langkah konkret yang bisa dijadikan sebagai tauladan terbaik adalah lebih banyak belajar dari Kiai Pesantren yang langsung bersanad kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW. 

 

Agus berpesan, kepada seluruh peserta MAPABA agar terus bersemangat dalam berproses walaupun halangan dan rintangan terus mengejar diri sendiri, "Selalu mengutamakan kekeluargaan agar terjalin erat agar ketika berproses di PMII tidak akan sia-sia," ujarnya.

 

Sementara, Ketua PK PMII Universitas Bina Bangsa (UNIBA) Aris Saputra menyampaikan, semoga kedepannya seluruh peserta yang mengikuti kaderisasi formal MAPABA ini bisa membawa perubahan dan mampu berproses di PMII dengan baik. 

 

"Sebagai anggota PMII yang telah mengikuti MAPABA Angkatan Pertama selama tiga hari ini benar-benar menempuh proses dengan baik," Kata Aris. 

 

Lebih lanjut, Aris menjelaskan proses kaderisasi formal yang diselenggarakan PMII Rayon Filkom yang telah berikrar. Diharapkan tidak hanya diucapkan di mulut saja sehingga hanya menjadi formalitas.

 

Ia berharap, ikrar yang diucap mampu diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Dan bisa ditunaikan dalam menjalankan roda organisasi. Sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat, serta bisa membawa perubahan dan berproses di PMII dengan baik.

 

Kendati demikian, Pengurus Cabang PMII Kota Serang Muhammad Zidni Assalam menjelaskan, terkait tugas dan kewajiban sebagai anggota PMII untuk membumikan paham Islam Ahlussunnah wal Jamaah diharapkan mampu menjawab realitas sosial. 

 

Membumikan paham Aswaja an-Nahdliyah, kata Muhammad Zidni, merupakan suatu keharusan yang teratanam dalam diri anggota PMII, khususnya dalam kehidupan masyarakat Kota Serang sebagai Ibukota Provinsi Banten. 

 

"Baiat sebagai Anggota PMII sangatlah jelas dan menggema yakni pantang meninggalkan PMII dalam situasi dan kondisi apapun, ini harus tertanam dalam diri anggota PMII," Tutup pria yang kerap disapa Zidni.

 

Kontributor : Taufik Hidayat at-Tanari


Banten Raya Terbaru