• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 15 Agustus 2022

Banten Raya

Tanamkan nilai-nilai ke-NU-an, PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan Rihlah

Tanamkan nilai-nilai ke-NU-an, PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan Rihlah
PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan Rihlah ke makam Syekh Asnawi Caringin dan mengunjungi pantai Anyer. (Foto:Istimewa)
PC Fatayat NU Kota Tangerang Adakan Rihlah ke makam Syekh Asnawi Caringin dan mengunjungi pantai Anyer. (Foto:Istimewa)

Kabupaten Serang, NU Online Banten
Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kota Tangerang mengadakan rihlah ke Makam Syekh Asnawi Caringin dan Pantai Putih Anyer, Kabupaten Serang pada Ahad, (24/07/22).

 

Ketua PC Fatayat NU Kota Tangerang Menawati, menyampaikan agenda ini dihelat untuk merekatkan hubungan keakraban antara PC dan Pimpinan Anak Cabang se-Kota Tangerang, juga sebagai wadah pembubaran panitia Gebyar UMKM & Festival Kreativitas 2022 yang telah dilaksanakan pada 02-07 Juli 2022 lalu.

 

"Terimakasih kepada segenap kepanitiaan gebyar yang telah mensukseskan agenda gebyar ini, marilah bersama-sama kita buang semua hal-hal negatif selama agenda di laut ini, dan kita bentuk afirmasi positif yang baru," ujarnya.

 

Perempuan lulusan UIN Jakarta ini mengatakan, agenda ini tidak hanya sekedar pembubaran panitia, tetapi juga sebuah kegiatan yang memiliki nilai-nilai baik secara spiritual dan sosial. 

 

"Kita lakukan adakan rihlah bukan hanya sekedar wisata, dengan menziarahi Syekh Asnawi Caringin kita bisa mengambil teladan darinya," kata Menawati.

 

Ia mengajarkan, anak-anak untuk mencintai para wali Allah dengan berziarah sejak dini, memperkenalkan ziarah sebagai salah satu amaliyah yang dilakukan oleh Nahdlatul Ulama. kemudian, juga memperat hubungan persaudaaran antar pengurus baik tingkat cabang hingga kecamatan. 

 

"Semoga kedepan hubungan antar PC dan PAC semakin erat, dan mampu menggerakan Fatayat NU Kota Tangerang lebih hebat lagi dan dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya Fatayat bisa lebih bersinergi," ujar Noni

 

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Naila Maye Haq menyampaikan bahwasanya kegiatan ini tidak hanya rihlah dan pembubaran panitia, namun terdapat nilai-nilai manhajul fikr yang di ajarkan oleh Nahdlatul Ulama.

 

Ia menuturkan, manhajul Fikr itu meliputi tiga aspek, diantaranya Habblu Minnallah, Habblu Minnaas, dan Habblum Minnal 'alam. Menurut Naila, dalam ziarah seseorang diajari untuk mencintai Allah. Salah satu bentuk ekspresinya adalah mencintai para aulia Allah dengan menziarahi makamnya.

 

"Habblum Minnallah, yang ajarkan dalam ziarah, kita berziarah ke makam syekh Asnawi, hal ini adalah bentuk kencintaan kita kepada Allah dengan mencintai para aulia, kedua, Habblum Minnaas, dengan rihlah ini sebagai salah satu wujud harmonisasi antar pengurus, Habblum Minnal 'alam yaitu di contohkan bagaimana kita mampu mensyukuri dan menyaksikan keindahan alam milik Allah dengan mengunjungi ke pantai Anyer," terang Naila

 

Kendati demikian, Naila mengungkapkan rasa harunya atas kinerja kepanitiaan Gebyar, dengan ungkapan rasa terima kasih karena telah membantu secara maksimal. Ia pun juga meminta maaf atas segala kekurangan dan kekhilafan selama agenda berlangsung. 

 

"Ungkapan terima kasih juga disampaikan kepada stering commite dan penanggung jawab acara yang telah memberikan arahan hingga lima hari  kemarin berjalan dengan sukses dan riang gembira," tandas Naila.


Banten Raya Terbaru