• logo nu online
Home Banten Raya Ubudiyyah Warta Nasional Fragmen Keislaman Syariah Tauhid Tokoh Khutbah Sejarah Doa Opini Hikmah Pendidikan Islam Wisata Religi NU Preneur
Senin, 30 Januari 2023

Banten Raya

Kiai Hamdan: JATMAN Mengenalkan dan Mengajak Masyarakat Mencintai Thoriqot

Kiai Hamdan: JATMAN Mengenalkan dan Mengajak Masyarakat Mencintai Thoriqot
Kiai Hamdan Suhaimi diagenda Pelantikan Jatman Kota Serang pada Selasa 29/03/22 (Foto: Haidar Rafiqie Iskandar)
Kiai Hamdan Suhaimi diagenda Pelantikan Jatman Kota Serang pada Selasa 29/03/22 (Foto: Haidar Rafiqie Iskandar)

Kota Serang, NU Online Banten
Sekretaris Tsani Idaroh Wustho Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) Provinsi Banten Kiai Hamdan Suhaimi mengatakan, pihaknya merasa senang bahwa para pengurus idaroh syu’biyah Jatman Kota Serang telah melaksanakan agenda pelantikan. 

 

Mengingat, kepengurusan itu harus mempunyai legitimasi atau legalitas. Dan pelantikan merupakan salah satu diantara legitimasi tersebut untuk menjadi pegangan kuat dalam rangka melaksanakan agenda program Jatman berikutnya. 

 

Dengan terlaksananya pelantikan ini, kepada seluruh pengurus Jatman di Kota Serang harus secepatnya melaksanakan agenda Musyawarah Kerja Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) yang menyusun dan memprogramkan kerja-kerja yang konkret. 

 

"Harus ada soliditas antar pengurus serta tidak boleh ada Gerakan-gerakan serta perilaku-perilaku yang menyimpang dan keluar jalur dari Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) yang sudah ditetapkan oleh Idarah Aliyah Jatman” ungkap Kiai Hamdan pada saat pelantikan Jatman Kota Serang Masa Khidmat 2022-2026 yang bertempat di Aula Rektorat Lantai 3 UIN SMH Banten, pada hari Selasa (29/03). 

 

Kiai Hamdan menuturkan, pada pelaksanannya nanti pengurus Idarah Syu’biyah Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) Kota Serang, harus patuh dan taat pada fatsun Idarah Aliyah Jatman. Sekaligus harus sesuai dengan apa yang dijadikan garis oleh organisasi yakni Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT) JATMAN itu. 

 

Sebagai anggota dan pengurus Jam'iyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN) Kota Serang harus ikhlas menjadi pengurus dalam upaya memperkokoh dan memperkuat Islam Ahlussunnah wal Jam’ah di Kota Serang, agar Jatman Kota Serang mampu mengadakan perubahan dalam hal sisi batiniyah masyarakat Kota Serang terutama Muslim, untuk mencintai Thariqat. 

 

“Dalam mencintai thariqat ini, paling tidak mereka ini diperkenalkan dengan dzikir. Untuk menenangkan jiwa dan menenangkan hati” Ungkap Kiai Hamdan yang juga menjabat Ketua PW Rijalul Ansor Provinsi Banten. 

 

Lebih lanjut, Kiai Hamdan mengatakan mengingat problem-problem sekarang ini sangat menyita perhatian dan emosi kita sehingga harus dikendalikan oleh batin yang tenang, jiwa yang tenang serta hati yang tenang melalui dzikir dengan cara utamanya yaitu mengikuti thariqat tersebut. 

 

Seandainya pun masyarakat awam tidak harus berthariqat, kata Kiai Hamdan, paling tidak mereka diajak untuk berdzikir dan seluruh anggota serta pengurus Jatman Kota Serang harus melaksanakan itu. Dalam upaya mengenalkan thariqat dan juga mengajak masyarakat untuk berdzikir. 

 

"Karena inilah hal yang paling pokok untuk Jatman di Kota Serang." Pungkas Kiai Hamdan Suhaimi

 


Kontributor : Haidar Rafiqie Iskandar


Banten Raya Terbaru