TAK terasa Ramadhan 1445 H sudah separuh dijalani. Selasa (26/3/2024) adalah hari kelima belas. Pada separuh terakhir Ramadhan, malam keenam belas, umat Muslim disunnahkan membaca doa qunut di rakaat terakhir Shalat Witir yang dilakukan usai Shalat Tarawih.
Sebagaimana dilansir NU Online, ada banyak dalil yang bisa dijadikan sebagai dasar pembacaan doa qunut ini. Salah satunya adalah atsar (perkataan sahabat Nabi) berikut:
أن عمر بن الخطاب جمع الناس على أبي بن كعب فكان يصلي لهم عشرين ليلة ولا يقنت الا في النصف الباقى من رمضان. رواه أبو داود
Artinya: “Sesungguhnya Umar Ibn Khattab berinisiatif mengumpulkan masyarakat agar Shalat Tarawih bersama (dengan imam) Ubay Ibn Ka’b, maka beliau Shalat Tarawih bersama mereka selama 20 malam, dan beliau tidak berdoa qunut kecuali dalam separuh yang kedua (malam 16 Ramadhan hingga seterusnya).” (HR Abu Dawud)
Berikutnya, dijelaskan pula di dalam Kitab Ma’rifatus Sunan wal Atsar (4/44) dengan mengutip pendapat Imam asy-Syafi’i yang mengatakan bahwa pada separuh terakhir Ramadhan, umat Muslim membaca doa qunut. Hal ini, lanjut asy-Syafi’i, pernah dilakukan oleh Ibnu Umar dan Mu’adza al-Qari.
قال الشافعي: ويقنتون في الوتر في النصف الآخر من رمضان، وكذلك كان يفعل ابن عمر، ومعاذ القاري
Artinya: “Mereka berqunut di dalam Shalat Witir pada pertengahan akhir bulan Ramadhan, seperti itulah yang dilakukan oleh Ibnu ‘Umar dan Mu’adz al-Qari.”
Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar (67) menegaskan hal serupa. Menurut an-Nawawi, ulama kalangan Mazhab Syafi’i menganjurkan pembacaan doa qunut pada separuh terakhir di bulan Ramadhan. Selain itu, dia juga memaparkan beberapa versi anjuran ini. Akan tetapi, pendapat yang paling kuat menurutnya adalah qunut dibaca pada separuh terakhir Ramadhan.
ويستحب القنوت عندنا في النصف الأخير من شهر رمضان في الركعة الأخيرة من الوتر، ولنا وجه: أن يقنت فيها في جميع شهر رمضان، ووجه ثالث: في جميع السنة، وهو مذهبُ أبي حنيفة، والمعروف من مذهبنا هو الأوّل
Artinya: “Menurut kami, disunnahkan qunut di akhir witir pada separuh akhir Ramadhan. Ada juga dari kalangan kami (Syafiiyyah) yang berpendapat, disunnahkan qunut di sepanjang Ramadhan. Kemudian ada pula yang berpendapat bahwa disunnahkan qunut di seluruh shalat sunnah. Ini menurut Mazhab Abu Hanifah. Namun, yang baik menurut mazhab kami adalah model yang pertama, yaitu qunut pada separuh akhir Ramadhan.” (Muhamad Abror)