• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 31 Mei 2024

Nasional

Bungkam Australia, Modal Besar Timnas U-23 Melawan Yordania

Bungkam Australia, Modal Besar Timnas U-23 Melawan Yordania
Komang Teguh (nomor 4) berselebrasi bersama rekan satu tim setelah mencetak gol ke gawang Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024). (Foto: PSSI)
Komang Teguh (nomor 4) berselebrasi bersama rekan satu tim setelah mencetak gol ke gawang Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024). (Foto: PSSI)

Banten, NU Online Banten

Hasil positif diraih Timnas U-23 Indonesia pada laga keduanya di Grup A Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Rizky Ridho dkk membungkam Australia 1-0.  Pasukan Shin Tae-yong itu berhasil mencetak gol pada menit ke-45 lewat sundulan Komang Teguh, membelokkan tendangan Nathan Tjoe-A-On. Raihan tiga poin tersebut membuka peluang lolos ke babak 8 besar. Ini tentu kemenangan krusial seusai kekalahan dari tuan rumah Qatar 0-2 pada laga pertama.



"Luar biasa. Para pemain benar-benar menunjukkan bagaimana Indonesia yang sesungguhnya. Saya apresiasi dan bangga atas permainan yang tak hanya mampu bangkit seusai kalah di laga pertama, namun mereka malah tampil penuh semangat. Itu yang kita semua mau. Yang Indonesia mau," ujar Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang nonton bareng bersama influencer dan para sponsor timnas di Jakarta, Kamis (18/4/2024) malam seperti dilansir laman resmi PSSI.

 


Dia berharap, hasil tersebut menjadi modal besar untuk laga penentu melawan Yordania. ’’Kerja keras akan menentukan hasil. Meski ada pertandingan lain yang ikut menentukan posisi akhir di grup. Tapi kita semua sepakat, termasuk pecinta timnas, sepanjang seluruh pemain fight hingga peluit akhir, maka kita selalu bangga dan dukung timnas," tegas Erick.

 


Perjuangan para pemain Indonesia untuk tidak mau kalah terlihat sepanjang pertandingan. Ketenangan mental yang tinggi para pemain dan keberhasilan menahan serangan Australia membuat gawang Ernando Ari gagal ditembus. Termasuk Ernando yang berhasil menggagalkan tendangan penalti striker Australia Mohames Toure pada menit ke-25 setelah Komang dianggap handball.

 



"Alhamdulillah, kami meraih kemenangan penting hari ini melawan Australia. Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terima kasih atas doa dan dukungannya kepada kami," kata Ernando seusai laga.



Gelandang Marselino Ferdinan juga tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. "Terima kasih untuk seluruh tim, suporter, dan semuanya yang telah mendoakan dan mendukung kami. Terima kasih juga untuk Ernando yang sangat luar biasa pada laga ini. Selanjutnya kita fokus untuk laga melawan Yordania dan optimistis meraih hasil terbaik," yakin Marselino.



Kemenangan ini membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara. Indonesia akan menghadapi Yordania pada laga pemungkas yang dilangsungkan Ahad (21/4/2024). (M Izzul Mutho)

 

 

Susunan pemain:

Indonesia: Ernando, Ferrari, Komang Teguh (Ikhsan Nul Zikrak 83'), Rizky Ridho, Pratama Arhan, Nathan Tjoe, Marselino, Witan, Jeam K Sroyer (Hubner 72'), Fajar Fathurrahman (Ilham Rio 77'), Struick

 

Australia: Patrick Beach, Popovic, Courtney-Perkins, Italiano, Mauragis, Teague, Jelacic (Valadon 60'), Hollman (Garang Kuol 75'), Segecic (Brook 60'), Velupillay (Milanovic 75'), Toure (Alou Kuol 75').


Nasional Terbaru