• logo nu online
Home Nasional Banten Raya Warta Keislaman Tokoh Khutbah Sejarah Opini Pesantren NU Preneur Ramadhan 2023
Jumat, 1 Maret 2024

Banten Raya

Tak Cukup Tahu, Butuh Menanamkan Rasa Memiliki NU

Tak Cukup Tahu, Butuh Menanamkan Rasa Memiliki NU
Ketua PCNU Kabupaten Serang H Muhammad Robi (tengah). (Foto; Istimewa)
Ketua PCNU Kabupaten Serang H Muhammad Robi (tengah). (Foto; Istimewa)

Serang, NU Online Banten
Rasa memiliki Nahdlatul Ulama (NU) itu harus ditanamkan ke warga NU atau Nahdliyin. Itu ditegaskan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Serang H Muhammad Robi saat NU Online Banten bersilaturahmi ke kediamannya, Pondok Pesantren Moderat At-Thohiriyah, Jl. Raya Serang Cilegon km 6, Pelamunan, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Sabtu (18/2/2023) siang.


’’Tidak cukup tahu NU atau saya ini NU,’’ imbuh Gus Robi—sapaan akrabnya. Rasa memiliki ke NU, lanjut ayah tiga anak itu, dari amaliah menuju jam'iyyah. ’’Lebih detail, untuk membangun rasa itu ada beberapa program yang dilakukan. Kami juga membiasakan rapat, evaluasi, dan membiasakan tepat waktu. Juga tidak one man one show,’’ terang putra kedua KH Ulfi Zaini Thohir dan generasi keempat pengasuh pesantren yang dulu dikenal dengan Pondok Pesantren Pelamunan itu.


Pria yang pernah menimba ilmu di Pesantren Lirboyo dan Yaman itu menambahkan, sebagai nakhoda PCNU Kabupaten Serang, yang dilakukan kali pertama adalah merapikan struktur keorganisasian. ’’Dapat amanat pada 2021,’’ imbuh pria berusia 31 tahun yang murah senyum itu. 


Selain itu, penataan organisasi dalam tubuh NU. ‘’Dihidupkan, setelah aktif dibimbing, mempertemukan dengan mitra-mitra strategis, sinergi umara (forkopimda) dengan ulama,’’ imbuh enam bersaudara tersebut. Tak hanya itu. Harmonisasi dengan organisasi keagamaan juga dijalin. 


Gus Robi juga melakukan optimalisasi kuantitas pengaderan seperti Pendidikan Dasar Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PD PKPNU).’’Sudah pernah sekali,’’ imbuhnya. 


Pihaknya, lanjut Gus Robi, juga ingin memberdayakan Muslimat NU dan merangsang geliat koin NU. ’’Saat ini di antara yang aktif bergerak adalah LAZISNU (Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah), Lakpesdam, LP Ma'arif, dan RMI (Rabithah Ma’ahid Islamiyah),’’ pungkasnya.


Pewarta: Singgih Aji Purnomo


Banten Raya Terbaru